Cekskor

Alonso Sorot Kurangnya Faktor Kejutan di F1

Cekskor.com - Fernando Alonso menggulirkan sebuah kritik kepada F1. Ajang balap jet darat ini diklaim Alonso terancam akan semakin membosankan. 

Salah satu indikatornya adalah mudahnya untuk menebak siapa yang akan memenangi suatu grand prix di akhir pekan. Sejak 2014, hanya tiga konstruktor yang memenangi balapan. 

Mercedes menjadi tim yang paling mendominasi. Tim pabrikan Jerman ini memenangi 54 dari 65 grand prix sejak dimulainya era mesin Hybrid V6. Red Bull dan Ferrari hanya sesekali mengganggu hegemoni Mercedes. 

Tahun ini, Ferrari membuat kemajuan pesat. Sebastian Vettel telah mencatat tiga kemenangan atau surplus satu kemenangan dari rival terdekatnya, Lewis Hamilton, yang memperkuat Mercedes. 

Dari enam grand prix yang telah digelar, Vettel tak pernah finis di luar dua besar. Catatannya adalah tiga kemenangan dan tiga finis runner-up. Toh, tetap saja Alonso tak terkesan. Juara dunia 2005 dan 2006 ini menyoroti kurangnya faktor kejutan yang bisa terjadi di F1. Dengan kata lain, siapa pemenangnya masih mudah diprediksi. 

"Saya rasa F1 sangat sehat sekarang. Namun, masih ada banyak perbedaan di antara tim dan sedikit ruang untuk improvisasi dan kejutan. Sedikit banyak kita akan tahu siapa yang akan memenangi balapan," kata Alonso. 

(CS/Indra)




Berita Terkait