Cekskor

Meski Keracunan, Dovi Menangi MotoGP Italia

Cekskor.com - Andrea Dovizioso melakukan aksi heroik pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6). Pembalap Italia ini memenangi homerace dirinya dan Ducati dengan kondisi fisik kurang prima. 

Dovi, yang start di grid ketiga, mengalami keracunan makanan jelang balapan. Ia sempat diragukan bisa menuntaskan balapan. Terutama setelah ia tak ikut dalam sesi pemanasan. Namun, Dovi menjawab semua keraguan dengan hasil maksimal. 

Pada awal balapan, ia sempat tercecer dan disalip sejumlah pembalap, termasuk rekan setimnya di Ducati Team, Jorge Lorenzo. Namun, Por Fuera tak bisa mempertahankan konsistensi dan terlempar dari empat besar, yakni Dovizioso, Danilo Petruci dari Pramac Ducati, dan duo Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. 

Di delapan lap tersisa, Dovi melakukan manuver brilian untuk menyalip Vinales dan memimpin balapan. Dari situ, Dovi tak terkejar lagi. Ia mencatat kemenangan pertama pada 2017. 

Dovi juga tercatat sebagai pembalap Italia pertama yang memenangi grand prix MotoGP dengan Ducati di Mugello. Namun, Dovi menjadi pembalap ketiga Italia yang pernah menang di sirkuit Italia tersebut. 

"Banyak emosi selama balapan. Sebelumnya, energi saya tak begitu bagus," kata Dovi yang mencetak kemenangan ketiganya di MotoGP.

"Kami mendapat sedikit sokongan dari Ducati dan fans. Tim bekerja sangat baik. Saya sangat menginginkan kemenangan ini. Ini sebuah mimpi yang menjadi nyata."

Berkat kemenangan tersebut, Dovi mendapatkan tambahan 25 sehingga membuat koleksinya menjadi 79 poin. Ini menempatkan Dovi di posisi kedua klasemen pembalap dengan terpaut 26 poin dari Vinales. 

HASIL BALAPAN(10 besar)1. Andrea Dovizioso (Ducati Team)2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha)3. Danilo Petrucci (Pramac Ducati)4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha)5. Alvarto Bautista (Aspar Team)6. Marc Marquez (Repsol Honda)7. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3)8. Jorge Lorenzo (Ducati Team)9. Michele Pirro (Ducati Team -wild card)10. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar)

KLASEMEN PEMBALAP(5 besar)1. Maverick Vinales -- 105 poin2. Andrea Dovizioso -- 79 poin3. Valentino Rossi -- 75 poin4. Marc Marquez -- 68 poin5. Dani Pedrosa -- 68 poin

(CS/Indra)




Berita Terkait