Cekskor

Madrid Tegaskan Dominasi Sepakbola Spanyol di Eropa

Cekskor.com – Sukses Real Madrid memenangi gelar Liga Champions musim ini membuat La Liga Spanyol makin layak dinyatakan sebagai liga terbaik di dunia. Pasalnya, tidak ada tim dari liga-liga lain di Eropa yang sangat dominan seperti tim-tim La Liga.

Baik di Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa maupun di gelar-gelar individu seperti Ballon d'Or atau Sepatu Emas Eropa, sebagian pemenangnya adalah perwakilan dari La Liga.

Di Liga Champions misalnya, lima dari tujuh juara terakhir adalah tim-tim La Liga. Real Madrid memenangi tiga dari empat edisi terakhir sementara dua edisi lainnya dimenangi oleh Barcelona. Jangan lupa pula bahwa dua dari tiga gelar terakhir Madrid Liga Champions  diperoleh usai mengalahkan sesame tim La Liga, Atletico Madrid, di final.

Sementara itu, Sevilla sempat memenangi Liga Europa tiga musim berturut-turut sebelum Manchester United merebut gelar itu musim ini. Sebelumnya, Atletico Madrid memenangi gelar ini pada 2012. Jadi, empat dari enam gelar juara terakhir  di kompetisi ini diraih oleh tim Spanyol sementara satu gelar lainnya direbut oleh Chelsea.

Di Piala Super Eropa, tiga pemenang terakhir adalah Madrid, Barcelona, dan Madrid. Masing-masing kemenangan itu mereka raih melawan Sevilla. Secara keseluruhan, tim-tim Spanyol telah mengoleksi 13 Piala Super Spanyol, unggul empat gelar atas rival terdekat, Italia.

Pada level individu, sejak 2009 Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo silih berganti memenangi Ballon d'Or. Ronaldo bahkan telah memenanginya sejak 2008 saat masih berseragam MU. Tahun ini pun gelar itu hampir pasti kembali direbut Ronaldo.

Lebih dari itu, gelar Sepatu Emas Eropa dalam sembilan musim terakhir dimenangi oleh para pemain yang berkiprah di La Liga. Hanya Luis Suarez yang mampu mematahkan dominasi ini saat ia memenanginya sebagai pemain Liverpool bersama Ronaldo pada 2013/14. (CS/Rizal)




Berita Terkait