Cekskor

Layout Sirkuit Catalunya Diubah Lagi

Cekskor.com - Layout Sirkuit Catalunya, Spanyol, akan mengalami perubahan lagi untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut. 

Keputusan ini diambil setelah banyak pembalap mengaku khawatir dengan level keselamatan mereka, khususnya pada chicane tikungan 14/15 sesuai melalui dua sesi latihan bebas (FP), Jumat (9/6).

Chicane yang sebenarnya khusus dibuat untuk balapan MotoGP ini tak akan digunakan di sepanjang akhir pekan ini. Namun, layout F1 akan masih dipakai untuk kualifikasi, Sabtu (10/6), dan balapan, Minggu (11/6) dinihari WIB.

Trek Catalunya awalnya mengalami perubahan menyusul kecelakaan tragis yang merenggut nyawa pembalap Moto2, Luis Slalom, dalam FP. Kemudian sebuah chicane dimodifikasi sebelum rute F1. 

Faktanya, tikungan tersebut menimbulkan banyak kecelakaan pada Jumat dengan Alvaro Bautista dan Loris Baz, kehilangan daya cengkeram buritan motor mereka. 

"Di Komisi Keselamatan, para pembalap mengeluhkan sedikit tentang layout, mereka bilang pekerjaan ini tak dikerjakan dengan cara yang benar dan ada banyak bumps (benjolan) -- itu sebabnya, para pembalap memutuskan untuk kembali ke layout tahun lalu," jelas Loris Capirossi, yang menjadi anggota Komisi Keselamatan FIM. 

"Itu sebabnya, kami ada di sini, untuk memastikan trek yang digunakan besok adalah yang teraman. Kami melihat selama latihan (Jumat) banyak kecelakaan juga di mana motor tetap di trek dan di bagian keluat tikungan, dan itu sangat berbahaya. 

"Kami punya pengalaman dari tahun lalu terhadai chicane lama dan kami tak ingin kecelakaan lain seperti yang kami alami hari ini. Itu sebabnya, para pembalap memintanya diubah. Terkait kecelakaan, yang lama lebih baik."

Karena adanya perubahan layout sirkuit, semua catatan waktu pada Jumat tak akan dihitung untuk kualifikasi, berarti FP3 pada Sabtu akan jadi satu-satunya sesi yang menentukan kualifikasi otomatis untuk Q2. 

(CS/Indra)




Berita Terkait