Cekskor

Pedrosa Pole, Marquez Terjungkal 4 Kali

Cekskor.com - Sirkuit Catalunya, Spanyol, sepertinya berpihak pada dua pembalap tuan rumah, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Buktinya, Pedrosa sukses merebut pole position keduanya tahun ini setelah menjadi tercepat pada kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (10/6). 

Ini pole position kedua Pedrosa setelah MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Di Catalunya, Pedrosa mencatat waktu 1 menit 43,870 detik. Ia lebih cepat 0,331 detik dari Lorenzo yang harus puas ada di grid kedua. Ini hasil terbaik Lorenzo di kualifikasi sejak beralih dari Yamaha ke Ducati pada akhir tahun lalu. 

Lorenzo bahkan sempat menempati pole position meski hanya untuk sementara. Pedrosa menggagalkan mimpi Por Fuera untuk meraih pole position pertamanya bersama Ducati. Namun, pabrikan Italia ini kembali membuktikan motor-motor mereka bisa bersaing dengan Yamaha dan Honda. 

Grid ketiga dihuni oleh Danilo Petrucci yang menggeber motor yang sama dengan Lorenzo, Ducati Desmosedici GP17. Pembalap Italia ini melanjutkan momentumnya setelah finis ketiga di MotoGP Italia, pekan lalu. 

Marc Marquez jadi pusat perhatian di sesi kualifikasi. Pasalnya, ia masih sanggup merebut grid keempat meski empat kali terjungkal. Pertama terjadi pada tikungan 3. Namun, ia masih bangkit. Apesnya, ia tak bisa mengganti motor karena motor cadangannya masih rusak akibat ia terjatuh di sesi latihan. 

Marquez kemudian terjungkal lagi pada tikungan 5 yang mengarah ke kiri. Ini membuat Marquez harus mengakhiri sesi kualifikasi lebih cepat. Marquez juga terjatuh dua kali pada sesi latihan bebas (FP) pada Minggu pagi. 

Nasib kurang beruntung mendatangi duo pembalap Movistar Yamaha MotoGP. Maverick Vinales dan Valentino Rossi bahkan gagal merangsek ke Qualifying 2 atau Kualifikasi 2. 

STARTING GRID MOTOGP CATALUNYA(10 besar)1. Dani Pedrosa --1:43,870 detik2. Jorge Lorenzo --+0,331 detik3. Danilo Petrucci --+0,350 detik 4. Marc Marquez --+0,450 detik5. Aleix Espargaro -- +0,478 detik6. Hector Barbera --+0,511 detik7. Andrea Dovizioso --+0,581 detik8. Jonas Folger --+0,730 detik9. Maverick Vinales --+0,750 detik10. Alvaro Baustista --+0,870 detik

(CS/Indra)




Berita Terkait