Cekskor

Kemenangan Ketiga Beruntun Hamilton di Kanada

Cekskor.com - Lewis Hamilton mendominasi akhir pekan di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada, Minggu (11/6) atau Senin (12/6) dinihari WIB. Pembalap Mercedes F1 Team ini start dari pole position dan meraih podium pertama pada akhir balapan. 

Hamilton datang setelah akhir pekan yang buruk di Monte Carlos, Monako, dua pekan lalu. Pembalap Inggris mencatat kemenangan ketiga beruntun bersama Mercedes dan keenam secara overall. 

Namun, kemenangan Hamilton tak lepas dari nasib apes yang menimpa dua Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, pada lap pertama. Vettel dan Kimi menghadapi kenyataan mobil mereka bermasalah. 

Vettel masih sanggup finis keempat di belakang Daniel Ricciardo yang merebut podium ketiga. Namun, Kimi harus puas hanya ada di posisi ketujuh. Di antara dua pembalap Ferrari ini ada duo pembalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon. 

Kemenangan Hamilton makin sempurna karena rekan setimnya, Valtteri Bottas, finis kedua. Ini seolah merupakan balasan dari Mercedes setelah Ferrari finis satu dan dua di Monako. 

"Ini akhir pekan yang luar biasa, saya tak bisa senang lagi. Saya meraih pole pertama di sini, kemenangan pertama di sini 10 tahun lalu, dan mengulangi semuanya pada akhir pekan ini, itu luar biasa," kata Hamilton. 

"Pertama bagi tim. Datang dari Monako (dengan hasil buruk), semua orang ingin bekerja keras dan kami berhasil melakukannya. 

"Dalam lima tahun (bersama Mercedes), saya tak pernah melihat tim begitu kompak dan menuju arah yang sama, demi memahami mobil dan datang ke Kanada dan meraih apa yang kami raih -- sebuah pukulan hebat buat Ferrari."

Berkat kemenangan itu, Hamilton memangkas jarak poin dari Vettel menjadi tinggal 12 poin. Balapan berikutnya adalah GP Azerbaijan di Sirkuit Jalan Raya Baku pada 25 Juni. 

Fernando Alonso, yang baru kembali ikut F1 pasca absen di GP Monako, kembali dirundung hasil buruk. Ia bahkan terlihat ada di tribun bersama penonton setelah dipaksa berhenti dari balapan akibat mesin Honda mobil McLaren miliknya bermasalah. 

HASIL GP KANADA (10 besar)1. Lewis Hamilton (Mercedes)2. Valtteri Bottas (Mercedes)3. Daniel Ricciardo (Red Bull)4. Sebastian Vettel (Ferrari)5. Sergio Perez (Force India)6. Esteban Ocon (Force India)7. Kimi Raikkonen (Ferrari)8. Nico Huelkenberg (Renault)9. Lance Stroll (Williams) 10. Romain Grosjean (Haas)

KLASEMEN PEMBALAP1. Sebastian Vettel -- 141 2. Lewis Hamilton -- 1293. Valtteri Bottas -- 934. Kimi Raikkonen -- 735. Daniel Ricciardo -- 67

KLASEMEN KONSTRUKTOR1. Mercedes -- 222 2. Ferrari -- 2143. Red Bull Racing-TAG Heuer -- 112 4. Force India-Mercedes -- 715. Toro Rosso -- 29

(CS/Indra)




Berita Terkait