Cekskor

Guardiola Berorasi dalam Unjuk Rasa Kemerdekaan Catalunya

Cekskor.com - Pep Guardiola terus terang menyatakan dukungannya untuk kemerdekaan Catalunya dari Spanyol. Mantan pelatih Barcelona ditunjuk sebagai salah satu orator dalam demo pro-kemerdekaan Catalunya di Barcelona, Minggu (11/6). 

Dalam orasinya, Guardiola menggarisbawahi harapan rakyat Catalunya agar masyarakat dunia mendukung mereka dalam usaha mereka mendapatkan kemerdekaan. Namun, pemerintahan Spanyol menganggap gerakan ini ilegal. 

Guardiola membacakan sebuah manifesto di hadapan ribuan pendukung kemerdekaan Cataluna yang berkumpul di sebuah air mancur di Barcelona. 

"Demokrasi di Eropa dan seluruh dunia akan mendukung kami karena kami mempertahankan hak kemerdekaan, pernyataan politik, dan memilih kami," kata Guardiola, yang kini menukangi Manchester City, dalam orasinya.

Pada Jumat (9/6), Presiden Regional Catalunya, Carles Puigdemont, mengumumkan bahwa pemerintahannya akan menggelar referendum kemerdekaan pada 1 Oktober. 

Pemerintah Spanyol telah berjanji akan menghentikan pemungutan suara dengan dalih inskonstitusional karena masalah ini akan mempengaruhi semua penduduk Spanyol. 

(CS/Indra)




Berita Terkait