Cekskor

Southgate Bakal Dorong Stones ke Depan

Cekskor.com - John Stones tak bisa dibilang sukses menjalani musim pertamanya bersama Manchester City. Pep Guardiola sempat mengandalkannya di awal musim 2016/2017. Namun, seiring musim berjalan, Stones makin sulit mendapatkan menit bermain. 

Ia kalah bersaing dengan Nicolas Otamendi dan Vincent Kompany. Namun, musim depan, situasinya boleh jadi akan berubah. Sebab, Gareth Southgate akan mengubah posisi Stones dari bek tengah menjadi gelandang bertahan. 

Pemikiran serupa mungkin akan dilakukan Pep Guardiola untuk Stones di Man City musim depan. Southgate telah menjajal Stones beberapa kali bermain bukan di posisi naturalnya sebagai bek tengah. Dan, posisi gelandang bertahan paling pas buat Stones.

"Faktanya, kami telah mengamati Stones (di posisi gelandang bertahan) di latihan pekan lalu," kata Southgate kepada The Guardian.

"Saya juga berpikir kami ingin para bek yang bisa mengumpan bola dan memperlihatkan ketenangan. Saya rasa ia bisa melakukan kedua tugas tersebut. Saya ditanya apakah ia punya opsi di sana, dan saya rasa ia memilikinya. 

"Ia adalah seorang pemain yang sangat nyaman menerima penguasaan bola, dan punya semua atribut dan kemampuan untuk bermain sebagai gelandang bertahan. Ia jelas belum pernah melakukan itu, sehingga itu sebuah keputusan yang harus kami buat. 

"Namun, apakah saya yakin ia bisa memainkan posisi itu? Tentu."

Kendati begitu, Stones tak akan mudah mendapatkan posisinya di lini tengah St George's Cross. Pasalnya, di situ sudah ada Eric Dier. Menariknya, Dier juga memulai kariernya sebagai bek tengah. Namun, kemampuannya baru mulai berkembang setelah di Tottenham Hotspur dipindah ke gelandang bertahan. 

(CS/Indra)




Berita Terkait