Cekskor

PRE Piala Konfederasi: Rusia vs Selandia Baru

Cekskor.com - Rusia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Piala Konfederasi. Ini adalah turnamen bayangan sebelum Negeri Beruang Merah menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia pada 2018. 

Sudah pasti, sebagai tuan rumah, pasukan Stanislav Cherchesov bakal mendapatkan dukungan penuh dari fans mereka. Ini harus dimanfaatkan. Apalagi, Rusia tergabung di Grup A bersama Portugal, Meksiko, dan Selandia Baru. 

Sbornaya menempati urutan ke-63 dunia berdasarkan rilis peringkat FIFA terakhir. Igor Akinfeev dan kawan-kawan hanya lebih baik dari Selandia Baru. Tim rajutan Anthony Hudson ini menghuni peringkat ke-95 dunia. Sedangkan, juara Euro 2016, Portugal, dan Meksiko masing-masing ada di posisi ke-8 dan 17 dunia. 

Rusia mendapatkan keuntungan karena menjamu Selandia Baru pada matchday 1 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Sabtu (17/6). Belum ada rekor pertemuan di antara kedua tim. Namun, sebagai tuan rumah, Rusia sudah pasti lebih difavoritkan menang. 

Dari lima partai terakhir, performa Sbornaya lebih meyakinkan ketimbang Selandia Baru. Hanya satu kekalahan diderita oleh Rusia. Di empat partai lainnya, Akinfeev dan kolega menuai dua kemenangan dan dua hasil imbang. Clean sheet dicetak Rusia di dua kemenangan tersebut. 

Dengan jumlah partai yang sama, Selandia Baru menuai dua kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan. Celakanya, dua kekalahan diderita tim berjuluk All Whites ini di dua partai terakhirnya, yakni Irlandia Utara dan Belarusia. Namun, sisi positifnya, pertahanan Selandia Baru cukup solid dengan cuma dua kali kebobolan. Dalam prosesnya, Chris Wood dan kawan-kawan melesakkan empat gol. 

Bahkan, sejak 2015, negara utusan dari Konfederasi Oceania (OFC) ini cuma menderita empat kekalahan. Namun, yang harus dicatat, mayoritas lawan yang dihadapi All Whites bukan berkelas dunia. Dan, saat itu terjadi, Selandia Baru selalu keok. Partai terakhir tim ini melawan tim dari Eropa pun terjadi pada Mei 2010 di mana mereka kalah 0-1 dari Serbia. 

Rapor Selandia Baru di Piala Konfederasi pun sangat buruk. Dari tiga keikutsertaan sebelumnya, All Whites terlibat di sembilan pertandingan. Mirisnya, hanya satu poin diraih Selandia Baru dari kesembilan partai tersebut. Efeknya, All Whites tak pernah lolos dari fase grup.

PRAKIRAAN PEMAIN 

RUSIA (3-5-2): Akinfeev; Vasin, Kudryashov, Shishkin; Kombarov, Gazinskiy, Glushakov, Golovin, Semedov; Poloz, Bukharov

SELANDIA BARU (3-4-1-2): Marinovic; Boxall, Durante, Smith; Colvey, Thomas, Lewis, Doyle; McGlinchey; Wood, Rojas

PREDIKSIRUSIA 60:40 SELANDIA BARU

Cherchesov dan Hudson sama-sama akan mengerahkan pakem dengan tiga bek. Namun, Rusia jelas lebih layak difavoritkan untuk menang. Keputusan Cherchesov tak memanggil banyak pemain top Rusia mungkin tak akan terlalu terasa melawan Selandia Baru. Kualitas Sbornaya masih di atas All Whites. 

Kecil kemungkinan akan terjadi kejutan di duel ini. Rusia akan menguasai penguasaan bola. Serangan bakal banyak diarahkan pada duet penyerang dari klub Rostov, Aleksandr Bukharov dan Dmitry Poloz. Meski terbilang minim jam terbang internasional, Bukharov (4 cap) dan Poloz (8 cap), kolaborasi mereka cukup efektif di Rostov dengan melesakakn total 20 gol musim lalu. 

Dengan kombinasi pemain muda dan senior, Hudson terpaksa merancang skema bertahan demi mencegah gimnya kebobolan banyak gol di laga pembuka Grup A. Ini justru bisa jadi bumerang buat Selandia Baru. Rusia berpeluang menang dengan margin dua gol atau lebih.

(CS/Indra)




Berita Terkait