Cekskor

Sukses di Piala Konfederasi Jadi Pertanda Buruk Jelang Piala Dunia

Cekskor.com – Banyak yang beranggapan Piala konfederasi adalah ajang persiapan yang sangat bagus bagi sebuah tim menjelang tampil di Piala Dunia. Maklum sejak 2005, turnamen tersebut selalu digelar setahun sebelum Piala Dunia di negara yang akan menjadi tuan rumah turnamen turnamen akbar tersebut.

Ironisnya, fakta sejarah justru menunjukkan bahwa kesuksesan di Piala Konfederasi merupakan pertanda buruk bagi sebuah tim yang akan tampil di Piala Dunia. Pasalnya, tim-tim yang menjadi juara di turnamen ini selalu mengalami kegagalan pada Piala Dunia yang digelar setahun kemudian.

Karenanya, Brasil mungkin merasa lega karena mereka bakal absen di Piala Konfederasi 2017 yang dimulai di Saint Petersburg, Rusia, Sabtu ini. Maklum, Selecao merupakan tim yang paling sukses di turnamen ini dengan empat kali menjadi juara dan setiap kesuksesan itu selalu diikuti oleh kegagalan di Piala Dunia.

Brasil pertama kali juara Piala Konfederasi pada 1997 dan setahun kemudian mereka kalah dari Pranncis di final Piala Dunia 1998. Tiga gelar Piala Konfederasi lainnya diraih Selecao dalam tiga edisi terakhir, 2005, 2009, dan 2014. Kesuksesan itu diikuti oleh kegagalan di perempat final Piala Dunia 2006 dan 2010 dan kekalahan telak di semifinal Piala Dunia 2014.

Kutukan serupa pernah dialami Prancis. Mereka menjadi juara Piala Konfederasi 2001 untuk melengkapi gelar Piala Dunia dan Piala Eropa yang masing-masing diraih pada 1998 dan 2000. Tapi, mereka kemudian tersingkir di fase grup Piala Dunia 2002.

Argentina yang menjadi juara Piala Konfederasi edisi perdana pada 1992 adalah tim yang pertama kali mengalami kutukan tersebut. Pasalnya, mereka kemudian tersingkir di 16 Besar Piala Dunia 1994. (CS/Rizal)




Berita Terkait