Cekskor

Kubica Yakin Masih Lihai Geber Mobil F1

Cekskor.com - Robert Kubica mendapatkan kesempatan menjajal mobil F1 dari Renault. Tes pembalap Polandia ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, memang cuma satu hari.

Kubica menuntaskan 115 lap dengan mobil Lotus E20 dengan spesifikasi 2012. Menurut pentolan Renault, Alan Permane, Kubica menunjukkan kecepatan. Tak pelak, peluangnya untuk kembali ke trek F1 cukup terbuka sekarang. 

"Saya telah bekerja keras pada konfisi fisik saya," kata Kubica kepada Eleven Sports.  

"Saya tak pernah merasa sangat bugar, bahkan dalam 'tahun-tahun keemasan' saya ketika saya berkompetisi di F1. Misalnya, waktu pertama kali dalam kehidupan saya tubuh saya berbobot lebih ringan daripada 2008. 

"Saya mendapati bahwa (mengendarai mobil F1) tak sengeri dan terasaing seperti yang terlihat. Saya bahkan mengakui bahwa sebuah mobil F1 adalah salah satu mesin termudah untuk dikendarai dengan batasan-batasan saya setelah kecelakaan. 

"Sekarang saya bisa tidur lebih nyenyak karena saya tahu bahwa saya bisa mengendarai sebuah mobil F1 tanpa batasan apa pun, saya bisa berkendara dengan cepat dan konsisten."

Kubica bahkan nyaris tak merasakan kesulitan apa pun ketika menjajal E20 untuk kali pertama. Ia bahkan merasa sangat nyaman di dalam kokpit. 

"Salah satu momen-momen terbaik adalah kembali ke pit setelah usaha pertama saya ketika saya sadar bahwa segalanya terkendali dan tak ada yang berubah. Pada tiga lap pertama, sepertinya rem tak bertahan lebih dari sebulan. Itu mengejutkan karena saya punya banyak tanda tanya setelah bertahun-tahun tak mengendarai mobil F1."

(CS/Indra)




Berita Terkait