Cekskor

PRE Piala Konfederasi: Kamerun vs Cile

Cekskor.com - Kamerun mengusung ambisi besar pada Piala Konfederasi 2017 di Rusia. Ini baru menjadi keikutsertaan ketiga The Indomitable Lions di turnamen pemanasan putaran final Piala Dunia tersebut. 

Di keterlibatan pertama pada 2001 di Korea dan Jepang, Kamerun mentok di fase grup. Klub Afrika ini hanya finis di urutan keenam dengan menuai empat poin berkat satu kemenangan dan dua kekalahan dari tiga pertandingan. 

Namun, di keikuterstaan berikutnya pada 2003 di Prancis, Kamerun sanggup merangsek ke final. Ini menjadi Kamerun sebagai satu-satunya klub Afrika yang pernah berlaga di final Piala Konfederasi. Sayangnya, ketika itu, The Indomitable Lions menyerah dari Jerman. 

Kamerun tak terlibat pada tiga edisi Piala Konfederasi berikutnya (2005-2013). Wajar setelah absen 14 tahun, Kamerun berambisi mengulang capaian pada 2003 atau bahkan melebihinya dengan menjadi juara. 

Apesnya, pasukan Hugo Broos berada di Grup B yang juga dihuni dua tim kuat, yakni juara Copa America 2015 dan 2016, Cile, dan juara Piala Dunia 2014, Jerman. Satu tim lainnya, Australia, mungkin memiliki kualitas sama atau malah di bawah Kamerun. The Indomitable Lions langsung dihadapkan partai supersulit pada matcday 1.

Awak Broos meladeni Cile rajutan Juan Antonio Pizzi di Otkrytiye Arena, Moscow, Minggu (18/6) atau Senin (19/6) dinihari WIB. Hanya satu riwayat pertemuan di antara kedua tim. Itu terjadi pada putaran final Piala Dunia Prancis 1998 yang berakhir dengan skor 1-1. 

Namun, Kamerun kini berhak optimistis bakal mengepak tiga poin. Pasalnya, performa juara Piala Afrika 2017 ini cukup kinclong. Mereka tak terkalahkan di 14 partai beruntun dengan catatan delapan kemenangan dan enam hasil imbang. Dalam prosesnya, Kamerun mengepak tujuh clean sheet. 

Dengan catatan tersebut, Kamerun jelas tak bisa dipandang sebelah mata oleh Cile. Alexis Sanchez dan kawan-kawan justru tengah limbung selepas menjuarai Copa America 2016. Dari 13 partai, La Roja cuma menang enam kali. Di tujuh partai sisanya, Cile imbang tiga kali dan kalah empat kali. 

Menariknya, tahun ini adalah keikutsertaan pertama La Roja di Piala Konfederasi. Masuk akal, ambisi Sanchez dan kolega untuk tampil hebat dan meraih hasil terbaik sudah pasti tak kalah besar dibandingkan dengan Kamerun. 

Kedua tim sama-sama kehilangan satu pemain akibat cedera. Ambroise Oyongo absen untuk timnas Kamerun dan Claudio Bravo tak bisa memperkuat Cile. Kiper Manchester City dibekap cedera yang membuatnya juga absen dari partai-partai di akhir musim 2016/2017. 

PRAKIRAAN PEMAIN 

KAMERUN (4-4-2): Ondoa; Mabouka, Teikeu, Ngadeu-Ngadjui, Fai; Moukandjo, Sutchuin-Djoum, Siani, Bassogog; Aboubakar, Zous

CILE (4-3-3): Herrera; Isla, Medel, Jara, Beausejour; Aranquiz, Hernandez, Vidal; Fuenzalida, Vargas, Sanchez

PREDIKSI 

KAMERUN 45-55 CILE

Cile lebih berhak difavoritkan untuk memenangi duel kontra Kamerun. La Roja punya skuad yang lebih komplet di tiap lini. Kehadiran Alexis Sanchez dipastikan menambah daya gedor. Sanchez tetap tampil trengginas musim lalu meski Arsenal terseok sebelum menjuarai FA Cup. Mantan striker Barcelona itu melesakkan 30 gol dari 51 pertandingan di semua kompetisi. 

Namun, faktor pengalaman Kamerun yang telah tiga kali ikut Piala Konfederasi mungkin akan berperan. Ini yang akan membuat The Indomitable Lions akan memberikan perlawanan alot kepada La Roja. Bila Hugo Broos bisa merancang skema permainan untuk memastikan Sanchez tak berktutik, Kamerun berpeluang membuat kejutan dan memenangi pertandingan.

Meski begitu, hasil akhir kemungkinan besar akan tetap mengunggulkan Cile dengan skor tipis. 

(CS/Indra)




Berita Terkait