Cekskor

Euro U21: Portugal Tekuk Serbia 2-0

Cekskor.com - Pasukan Rui Jorge membuat awal yang bagus di Euro U21 atau Piala Eropa U21 di Polandia. Portugal meraih tiga poin penting pada laga pembalap Grup B di Kompleks Sportowy Zawisza, Bydgoszcz, Sabtu (17/6). 

Esperancas --julukan Portugal U21-- mengalahkan Serbia dengan skor 2-0. Pertandingan awalnya berjalan imbang dengan kedua tim sama-sama melancarkan serangan. Namun, memasuki menit 25 Portugal mulai bisa mengendalikan permainan. 

Gol pertama buat Esparancas pun terjadi pada menit 37 melalui Goncalo Guedes. Proses gol striker berusia 20 tahun ini pun sesungguhnya cukup sederhana. Daniel Podence merangsek dari sisi kiri area serang Portugal. 

Podence lantas mengirim umpan ke kotak penalti dengan sedikit menarik bola ke arah belakang. Kiper Serbia, Vanja Milinkovic-Savic, seharusnya bisa membaca arah serangan Portugal dengan lebih cepat. 

Namun, Milinkovic-Savic bergerak terlambat. Guedes lebih dulu menyentuh bola dan mencungkilnya untuk membuahkan gol pertama buat Portugal. Gol Portugal ini membuat Serbia sedikit goyah dan organisasi permainan pasukan Nenad Lalatovic agak terganggu. 

Di babak II, Jorge dan Lalatovic melakukan pergantian permainan cepat, tepatnya di menit 50. Bruma masuk menggantikan Diogo Jota untuk Portugal. Srdan Plavsic mengisi posisi Aleksandar Cavric untuk Serbia. 

Serbia sempat membuat gol melalui Mijat Gacinovic. Namun, wasit menganulirnya karena gelandang klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt, berusia 22 tahun ini lebih dulu terjebak di posisi offside. 

Jorge memasukkan Renato Sanches menggantikan Joao Carvalho pada menit 57. Gelandang Bayern Muenchen ini membuat permainan Portugal makin hidup dan berbahaya buat pertahanan Serbia. 

Namun, baru pada masa injury time babak II, Portugal bisa menambah keunggulannya menjadi 2-0. Adalah sang kapten, Bruno Fernandes, yang memastikan kemenangan Portugal dengan skor tersebut. 

Gol Fernandes berawal dari kerja keras Sanches di lini tengah. Sanches, yang berbanderol 35 juta euro, lantas mengirim umpan kepada Fernandes yang dengan mudah mengkonversinya menjadi gol. 

Berkat kemenangan ini yang memberikan tiga poin, Portugal untuk sementara memimpin klasemen Grup B yang juga dihuni oleh Spanyol dan Macedonia. Dua tim ini akan bertarung di Stadion GOSIR, Gdynia, Minggu (18/6) dinihari WIB. 

SUSUNAN PEMAIN 

PORTUGAL U21 (4-3-3): Varela; Cancelo, Le, Samedo, Rodrigues; Carvalho (Sanches 57), Neves, Fernandes; Guedes, Podence (Medeiros 67), Jota (Bruma 44)

SERBIA U21 (4-4-2): Milinkovic-Savic; Gajic, Jovanovic, Veljkovic, Antorov; Zivkovic, Grujic, Maksimovic, Gacinovic; Djurdjevic (Ozegovic 73), Cavric (Plavsic 44)

(CS/Indra)




Berita Terkait