Cekskor

Bangkit dari Kebangkrutan, Parma Promosi ke Serie B

Cekskor.com – Parma menunjukkan kelasnya kendati dilanda kebangkrutan dua tahun silam. Melalui laga final play-off Lega Pro, Parma kembali mentas di Serie B setelah mengalahkan Alessandria 2-0. Tiket promosi dikantongi Parma bersama Cremonese, Venezia dan Foggia.

Pada 2015 Parma terlempar ke divisi terendah di ranah sepakbola Italia, Serie D, lantaran klub yang berdiri sejak 1913 ini mengalami kebangkrutan. Krisis ekonomi menjerat Parma sejak akhir 2003 lantaran skandal Parmalat yang menyerang induk perusahaan klub.

Terdepak ke Serie D pada 2015 bukan kali pertama dialami Parma. Pada 1966, Parma terdegradasi ke Serie D akibat rapor buruk tim. Setelah pergulatan panjang di level bawah, Parma mencetak sejarah dengan promosi ke Serie A pada 1990 di bawah asuhan pelatih Nevio Scala. Kampiun Coppa Italia langsung disabet Parma pada musim 1991/1992.

Seiring kebangkrutan Parma dua tahun silam, Scala diangkat sebagai presiden klub. Kesuksesan Parma merangsek ke Serie B dengan membungkam Alessandria juga mendapatkan dukungan dari pemain legendaris mereka Hernan Crespo hadir di stadion.

(CS/Frans)




Berita Terkait