Cekskor

PRE Piala Konfederasi: Australia vs Jerman

Cekskor.com – Jerman tak mengirim kekuatan penuhnya ke panggung Piala Konfederasi 2017 yang digelar di Rusia. Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) mengistirahatkan para pemain bintangnya dan memberi kesempatan jam terbang bagi para pemain muda.

Manuel Neuer, Thomas Mueller, Mesut Ozil, Toni Kroos, Jerome Boateng dan Mats Hummels tengah menikmati jatah liburan musim panas. Tersisa Shkodran Mustafi, Matthias Ginter, Julian Draxler dan Marc-Andre ter Stegen yang dijadikan tumpuan Der Panser di Piala Konfederasi.

Sementara itu, pemain lainnya yang diboyong seperti Sandro Wagner, Lars Stindl, Kevin Trapp, Amin Younes, Kerem Demirbay, Marvin Plattenhardt dan Diego Demme baru melakoni debutnya bersama Jerman pada laga persahabatan lawan Denmark yang berakhir 1-1 dan Kualifikasi Piala Dunia 2018 ketika mengalahkan San Marino.

“Kami punya banyak pemain yang main di Liga Champions, Piala Dunia (2014) dan Euro (2016). Target utama kami memenangi PD 2018. Kami harus memberikan waktu istirahat (pemain yang matang) dan memberikan peluang main pemain muda di turnamen penting sehingga mereka menjadi lebih baik,” tutur manajer bisnis Jerman, Oliver Bierhoff.

Senin (19/6), tim muda Jerman bakal melakoni laga perdana di Piala Konfederasi lawan Australia. Dari sejarah pertemuan kedua tim, Jerman diunggulkan memenangi laga ini. Pada pertemuan di 2005, Jerman menggerus Australia 4-3. Namun, minimnya jam terbang para pemain muda Jerman tak menggaransi Der Panser kembali mengangkangi Australia.

“Kemenangan atas Australia menjadi target. Tapi kami juga tahu kalau kami akan memainkan tim yang belum sering merumput bareng. Kami harus mempertimbangkan hal itu. Bagi saya, terpenting melihat teknik permainan mereka dan juga kapasitas mental mereka menjalani instruksi pelatih,” kata Bierhoff.

Kubu Australia sendiri ogah gelap mata dengan deret pemain muda yang diboyong Jerman. Gelandang Australia Milos Degenek tetap mewaspadai setiap langkah pemain Jerman untuk memuluskan target juara Piala Konfederasi ini.

“Saya rasa mereka tak memboyong tim yang lemah. Mereka bisa membawa tiga atau empat tim dan hasilnya akan sama. Beberapa pemain besar mereka absen tapi tak berpengaruh besar. Mental mereka sama, mental orang Jerman sangat bagus,” ujar Degenek.

PRAKIRAAN PEMAIN

AUSTRALIA (3-4-2-1): Ryan; McGowan, Sainsbury, Degenek; Leckie, Luongo, Mooy, Smith; Rogic, Kruse; Juric

JERMAN (3-4-1-2): Ter Stegen; Sule, Mustafi, Rudiger; Kimmich, Goretzka, Can, Hector; Draxler; Stindl, Wagner

PREDIKSI

AUSTRALIA 50:50 JERMAN

Meski dipenuhi pemain muda, Jerman tetap memboyong beberapa pemain berpengalaman. Mustafi, Ginter dan Draxler merupakan bagian dari tim kampiun Piala Dunia 2014. Pengalaman, teknik, dan mental ketiganya bisa menjadi suntikan motivasi the youngersters Jerman.

Rapor 10 pertandingan Jerman pun patut diwaspadai Australia sebagai psywar. Jerman memenangi delapan pertandingan dan dua kali seri, dengan mencetak 31 gol dan hanya kebobolan dua gol. Sementara itu, Australia pun hanya menelan satu kekalahan dari sembilan laga terakhir mereka.

Kans juara juga dimiliki Australia yang terpacu setelah kembali mentas di Piala Konfederasi untuk kali pertama sejak 12 tahun terakhir. Hanya saja, pelatih Ange Postecoglou sempat dibuat pusing dengan absennya Mile Jedinak.

(CS/Frans)




Berita Terkait