Cekskor

Pembalap MotoGP Ultimatum Sirkuit Catalunya

Cekskor.com - Banyak cerita tersisa dari MotoGP Catalunya, Spanyol, akhir pekan lalu. Andrea Dovizioso menggurat rekor pribadi dengan memenangi dua balapan beruntun. Sebelum menang di Catalunya, pentolan Ducati Team ini juga menjadi kampiun di Sirkuit Mugello, Italia, satu pekan sebelumnya. 

Terjadi juga perubahan layout Sirkuit Catalunya demi meningkatkan level keselamatan menyusul kecelakan tragis yang merenggut nyawa pembalap Moto2, Luis Salom, tahun lalu. Trek untuk F1 terpaksa digunakan demi menghindari kejadian serupa. Namun, chicane baru harus dihilangkan lantaran keberatan dari banyak pembalap.

Kendati begitu, yang paling jadi perhatian para pembalap adalah kondisi permukaan aspal trek. Mereka tak puas karena daya cengkeram trek yang sangat rendah dan banyaknya bumps (benjolan). 

Aspal trek Catalunya memang sudah sangat lama tak diperbarui. Kali terakhir itu dilakukan adalah pada 2007. Tak ayal, sejumlah pembalap mengultimatum pengelola Sirkuit Catalunya untuk mengaspal ulang trek mereka sebelum menggelar balapan tahun depan. 

"Semoga kami tak kembali (ke sana sebelum aspal diperbarui). Pada akhirnya itu juga yang harus diperhatikan," kata pentolan KTM, Bradley Smith, seperti dikutip dari Motorsport.com.

"Ini adalah satu-satunya trek dalam kalender yang benar-benar tak bereaksi pada permintaan Komisi Keselamatan, pembalap, dan penyelenggara. Jadi, di suatu titik, kita harus memberikan mereka sebuah ultimatum, dan saya rasa ini adalah tahun terakhir mereka berada di situasi ini.

"Kami punya cukup orang yang ingin balapan (di venue-venue baru). Kami tak harus datang ke sini. Aspal baru adalah sesuatu yang sudah kami minta dalam beberapa tahun terakhir."

Ironisnya, menurut Motorsport.com, pengelola Sirkuit Catalunya mengungkapkan bahwa mereka tak merencanakan pengaspalan ulang trek dalam waktu dekat. 

"Kami belum memutuskan apa pun tentang kemungkinan pengaspalan ulang trek. Kami akan harus menunggu laporan dari FIM setelah Grand Prix, seperti tiap tahun, dan kemudian kami akan membuat sebuah keputusan tentang itu," jelas seorang perwakilan Sirkuit Catalunya.

(CS/Indra)




Berita Terkait