Cekskor

Kubica Belum Ancam Palmer di Renault

Cekskor.com - Renault sudah mengkonfirmasikan bahwa Robert Kubica akan ambil bagian pada tes pasca balapan GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, pekan depan. Jelas ini menjadi keuntungan sendiri buat pembalap Polandia tersebut. Pasalnya, jatah untuk tes dalam musim berjalan (in-season testing) hanya tersisa empat lagi di F1 2017. 

Dua dari empat hari tes tersebut bahkan diwajibkan dilakukan oleh para pembalap muda di masing-masing tim. Padahal, Renault punya Nico Huelkenberg dan Jolyon Palmer sebagai pembalap utama mereka musim ini. Tak pelak, ini mengesankan bahwa Renault memang tengah memproyeksikan Kubica kembali balapan pada 2018. 

Palmer disebut-sebut yang paling rentan didepak. Terutama jika hasil tes Kubica pada Rabu (2/8) berakhir positif. Namun, spekulasi tersebut cepat dibantah oleh bos Renault, Cyril Abiteboul. 

"Kami terus mendukung Jo (Palmer) dan jelas belum ada rencana apa pun. Memang benar bahwa dengan Robert (Kubica) kami merasa kami harus menginvestigasi sedikit lebih jauh setelah semua tes (Ricardo Tormo dan Paul Ricard) yang kami lakukan," kata Abiteboul kepada Autosport. 

"Tentu, masih ada sejumlah tes yang kami lakukan dengan mobil 2012, tapi kami juga telah melakukan hal lain, cek medis, dan pekerjaan di simulator yang saya benar-benar tak mau jabarkan. Kami ingin memiliki sebuah pandangan lebih dekat tentang seberapa realistis nantinya bagi Robert untuk mengendarai lagi sebuah mobil F1 modern dan mungkin masuk ke konteks balapan. 

"Kesempatan terakhir setidaknya melakukan tes dengan sebuah mobil F1 modern adalah tes di Hungaria, dan kami mengambil kesempatan itu.

"Robert bisa jadi kandidat untuk 2018, tapi sebelum kami benar-benar bisa mempertimbangkannya sebagai seorang kandidat, kami harus melihat bagaimana ia akan mengatasi mobil-mobil dengan downforce lebih besar dan daya lebih kuat. 

"Sebab, jelas mobil yang telah dikendarainya sejauh ini tak mewakili. Sejujurnya, sekali pun ia melakukannya dengan baik, itu tak berarti kami langsung akan memutuskan agar Robert menjadi pembalap 2018 karena masih ada hal lain yang harus kami periksa. 

"Kepada Palmer, saya katakan bahwa Robert bukan ancaman langsung. Jelas kami melihat pada opsi-opsi untuk 2018, dan Jo juga bisa menjadi opsi untuk 2018. Itu terserah kepadanya. Apa yang kami lakukan dengan Robert tak ada kaitannya dengan apa yang dilakukan Jo pada akhir pekan ini atau bahkan setelah rehat musim panas.

"Tak akan ada penggantian pembalap di Spa-Francorchamps (Belgia) sebagaimana yang saya lihat. Saya bisa mengkonfirmasikan bahwa Jo akan berkendara di Spa dan rencananya adalah baginya bertahan hingga akhir musim."

(CS/Indra) 




Berita Terkait