Cekskor

Marquez Menang Telak di MotoGP Rep. Ceko

Cekskor.com - Marc Marquez mencatat kemenangan ketiganya di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (6/8). Pentolan Repsol Honda ini finis pertama pada balapan yang mengalami perubahan cuaca dari basah ke kering. Ke-23 pembalap memutuskan menggunakan ban basah saat start. 

Namun, Marquez menjadi satu-satunya pembalap yang memakai ban belakang basah soft. Pada tikungan 5, Marquez, yang start dari pole position, kehilangan posisi pimpinan balapan setelah disalip oleh Jorge Lorenzo yang menggeber Ducati Desmosedici GP17. Marquez pun makin tercecer. 

Pada akhir lap 2, Marquez memutuskan masuk pit dan mengganti motor dengan ban kering. Keputusan ini terbukti sangat brilian. Beberapa pembalap lain mengikuti jejak Marquez. Namun, tak ada pembalap di barisan depan, Lorenzo, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Johann Zarco, masuk pit.

Lorenzo baru masuk pit pada lap 4 setelah posisi pimpinan balapannya diambilalih oleh Rossi. Apesnya, krunya di pit belum mempersiapkan motor kedua. Tak pelak, Lorenzo kehilangan banyak waktu. Ini membuat Rossi, Dovizioso, dan Zarco, yang belum masuk pit, makin kuat bersaing di barisan depan. 

Sementara itu, Marquez makin agresif dan cepat dengan motor berspesifkasi untuk trek kering. Ia sudah berada tepat di belakang Rossi, Dovi, dan Zarco. Tak lama kemudian Rossi dan Dovi memutuskan mengganti motor di lap 5. Cuma Zarco yang masih ngotot dan bertahan satu lap lagi. Namun, itu sudah terlanjur karena Marquez lebih dulu menyalipnya. 

Dengan memimpin 20 detik dari para rival, Marquez tak tersentuh lagi. Ia finis dengan keunggulan 12,4 detik dari rival terdekatnya, Zarco, untuk mencatat kemenangan ke-32 dlaam kariernya di MotoGP. 

Kemenangan tersebut membuat Marquez kini memimpin 13 pioin dari Maverick Vinales di klasemen pembalap. 

HASIL BALAPAN MOTOGP REP. CEKO(10 besar)1. Marc Marquez -- 44:15,974 detik2. Dani Pedrosa -- +12,438 detik3. Maverick Vinales -- +18,135 detik4. Valentino Rossi -- +20,466 detik5. Cal Crutchlow -- +20,892 detik6. Andrea Dovizioso -- +23,259 detik7. Danilo Petrucci -- +24,079 detik8. Aleix Espargaro -- +30,559 detik9. Pol Eapargaro -- +30,754 detik10. Jonas Folger -- +1:33,236 detik

(CS/Indra)




Berita Terkait