Cekskor

Jelang ke Glasgow, Tim Ganda Campuran Berlatih di Kudus

Cekskor.com- Jelang perhelatan akbar World Badminton Championships (WBC) 2017 yang akan berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia pada 21-27 Agustus 2017 mendatang, tim ganda campuran Indonesia jalani pemusatan latihan di GOR Djarum, Jati, Kudus,  pekan lalu.

Hal ini bukan untuk pertama kalinya dilakukan oleh tim asuhan Richad Mainaky tersebut. Sebelumnya pada satu tahun silam, tim ganda campuran sendiri melakukan hal yang sama. Akan tetapi kala itu mereka menjalani pemusatan latihan di Kudus, dengan tim Indonesia dari sektor lainnya yang akan berangkat ke Rio de Janeiro, Brasil, untuk mengikuti ajang Olimpiade.

Pasca pemusatan latihan jelang Olimpiade kala itu, hasil membanggakan dapat dipersembahkan pasangan campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka akhirnya mampu mencapai target Indonesia untuk meraih satu medali emas, setelah keduanya mampu menumbangkan andalan Malysia di partai final, pasangan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan 21-12 dan 21-19.

Diakui Richard, jika kegiatan Training Camp (TC) khusus bagi tim ganda campuran kali ini, memang sudah diprogramkan jauh-jauh hari guna memantapkan persiapan dua wakilnya, yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto yang akan tampil di WBC nanti.

"Saya sudah programkan jauh-jauh hari untuk diadakannya TC di Kudus ini. Dan saya fokuskan hanya untuk pelatihan fisik, tapi terutama lebih ke teknik," ujar Richard.

"Jelas kita juga ingin memberikan suasana baru, istilah di tim ganda campuran, pindah latihan dengan suasana baru untuk hilangkan kejenuhan," tambahnya.

Richard pun menuturkan, jika alasan markas besar PB Djarum Kudus dipilih menjadi tempat TC bagi tim campuran kali ini, selain memberikan pengaruh positif di Olimpiade satu tahun lalu, juga fasilitas yang sangat memadai pun dijadikan bahan pertimbangan.

"Kenapa saya pilih TC di Kudus, karena waktu persiapan Olimpiade Brasil 2016 kita juga lakukan TC di kudus dan banyak positif dan kita berhasil raih medali emas. Serta fasilitas latihan pun cukup komplit dan memenuhi syarat," ujarnya.

Richard pun berharap, Owi/Butet serta Praveen/Debby bisa tampil maksimal di WBC nanti.

"Saya berharap mereka bisa tampil maksimal di WBC nanti. Lolos semifinal dulu baru kita bicarakan target juara," pungkas Richard. (CS/yadi)




Berita Terkait