Cekskor

Vettel Sesumbar Ferrari Juara Tahun Ini

Cekskor.com - Sebastian Vettel menutup paro pertama F1 2017 sebagai pemuncak klasemen kategori pembalap. Dari 11 seri yang telah digelar, Vettel menuai 202 poin berkat torehan empat kemenangan, empat posisi kedua, dua finis keempat, dan satu kali finis ketujuh. 

Pembalap Jerman ini unggul 14 poin dari Lewis Hamilton di peringkat kedua klasemen. Pembalap Mercedes ini seungguhnya juga mencatat empat kemenangan, tapi ia tak sekonsisten Vettel untuk berada di podium. Hamilton, yang menoreh dua kali finis kedua, gagal finis di podium lima kali. 

Namun, di klasemen konstruktor, Ferrari berada di anak tangga kedua dengan tercecer 39 poin dari Mercedes. Ini karena performa Vatltteri Bottas di Mercedes lebih apik daripada Kimi Raikkonen di Ferrari.

Bottas, yang mencatat tujuh finis podium dengan dua kemenangan, berada di posisi ketiga klasemen pembalap dengan koleksi 169 poin. Kimi ada di peringkat keempat dengan menoreh 116 poin. Di antara Bottas dan Kimi ada pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang mengepak 117 poin.

Meski begitu, Vettel berani sesumbar bahwa pada akhir musim nanti, Ferrari bakal sanggup mengalahkan Mercedes di kategori konstruktor. 

"Tim kami ada di kondisi yang jauh lebih baik tahun ini. Jika kita punya hasil bagus, kita mulai mendapatkan sedikit momentum. Jadi, ini tergantung pada kami untuk melanjutkannya," ungkap Vettel kepada Sky F1.

"Namun, saya cukup yakin kami punya orang-orang yang tepat, kami tahu bagaimana membangun sebuah mobil yang kuat, dan kami telah mengembangkan mesin tahun ini secara masif, jadi segalanya berjalan ke arah yang tepat.

"Kami akan melihat apakah kami ada di depan atau belakang, tapi saya yakin kami akan ada di persaingan dan semoga bertarung demi meraih banyak poin. Kami telah kompetitif di mana saja. Sekarang, memang benar mengatakan Mercedes di mana pun juga lebih kompetitif dan kami sedikit tertinggal.

"Kami tahu apa yang dibutuhkan oleh mobil. Hal normal bahwa dari trek ke trek ada sedikit perbedaan, tapi itu bukan target kami. Kami ingin menjadi yang terbaik di tiap trek dan kami sedang mengerjakan itu. Kami punya pemahaman cukup bagus tentang apa yang dibutuhkan mobil dan sekarang punya sedikit waktu untuk melihat beberapa hal dengan perasaan lebih tenang dan damai."

(CS/Indra) 




Berita Terkait