Cekskor

Mercedes & Ferrari Biarkan Opsi 2019 Terbuka

Cekskor.com - Mercedes dan Ferrari tak mau gegabah menentukan komposisi pembalap mereka untuk 2019. Itu sebabnya, dua tim terkuat di F1 2017 ini akan membiarkan opsi buat pembalap mereka tetap terbuka. 

Di Mercedes, Valtteri Bottas hanya menandatangani kontrak satu tahun sejak direkrut pada akhir 2016. Artinya, kontrak pembalap Finlandia tersebut akan selesai pada akhir tahun ini. Namun, kabarnya, Mercedes tengah mempersiapkan kontrak baru buat Bottas yang akan segera diteken oleh sang pembalap. 

Bos Mercedes, Toto Wolff, jadi orang yang paling berperan dalam kedatangan Bottas ke Mercedes dari Williams. Masuk akal, Wolff kini orang yang paling antusias melihat betapa bagusnya capaian Bottas sejauh ini. Bottas telah mencetak dua kemenangan dan menghuni peringkat ketiga klasemen di bawah Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. 

Kendati demikian, berapa lama durasi yang akan didapat Bottas dalam kontrak barunya tersebut? Wolff masih belum mengungkapkannya.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk bicara dan memikirkan banyak hal. Kami telah melakukan banyak diskusi dengan Vatteri sebelum GP Hungaria dan saya sudah pasti ingin pergi ke Asia untuk balapan-balapan terakhir dengan sebuah keputusan," kata Wolff. 

"Bursa menjadi sangat menarik pada 2019 dan setelahnya dan kita harus bharu merencanakan ke depan apa yang akan terjadi. Saya ingin menyatukan puzzle, tak hanya tentang 2018. Ini tentang melihat ke 2019 dan 2020."

Situasi yang sama dialami Ferrari. Kedua pembalap tim Italia ini, Vettel dan Kimi Raikkonen, akan habis kontrak pada akhir 2017. Jika tak memperpanjang kontrak di Ferrari, Vettel dan Kimi akan bebas transfer untuk 2018. Namun, tak cuma Vettel dan Kimi, ada juga Fernando Alonso yang kemungkinan besar tak akan memperpanjang kontraknya di McLaren Honda. 

Meski demikian, kecil kemungkinan Alonso akan kembali ke Ferrari pada 2018. Tim 'Kuda Jingkrak' diyakini akan mempertahankan Vettel dan Kimi untuk tahun depan, tapi tak ada kepastian buat 2019. Akhir 2018 juga akan menjadi akhir dari kontrak Hamilton di Mercedes dan Daniel Ricciardo di Red Bull. 

(CS/Indra)




Berita Terkait