Cekskor

PRE Premier League: Watford vs Liverpool

Cekskor.com - Marcos Silva langsung dihadapkan sebuah partai yang sulit di awal Premier League 2017/2018. Silva yang menggantikan Walter Mazzarri di Watford harus adu taktik dengan Juergen Klopp yang membesut Liverpool di Vicarage Road, Sabtu (12/8). Watford punya rapor buruk di hadapan The Reds. 

The Hornets kalah delapan kali dari sembilan benturan terakhir di semua kompetisi. Namun, Silva berhak optimistis lantaran Watford telah memberinya cukup amunisi untuk bertempur di sepanjang musim ini. Tak kurang dari 10 pemain baru datang ke Watford. Salah satunya bahkan menjadi rekor pembelian, yakni Andre Gray, yang ditebus 18,5 juta poundsterlin dari Burnley. 

Gray, yang musim lalu melesakkan 9 gol dari 32 pertandingan di Premier League, diyakini bakal langsung menjadi tumpuan Silva di lini depan Watford, terutama dengan absennya Troy Deeney dan Christian Kabasele. Gray boleh jadi akan bertandem dengan bomber Brasil Richarlison yang diangkut dari Fluminense.

Selain dua pemain ini, Watford juga mendatangkan Tom Cleverley dari Everton dan Nathaniel Chalobah dari Chelsea. Masuk akal, dengan skuad seperti ini, Silva bisa optimistis mereka bakal memberi perlawanan kepada Liverpool.

Di sisi The Reds, Klopp tak mendatangkan pemain baru sebanyak Watford. Tercatat baru tiga pemain yang bisa dibeli Liverpool sejauh ini, yakni Mohamed Salah dari AS Roma, Dominic Solanke dari Chelsea, dan Andrew Robertson dari Hull City. 

Namun, harus diakui tiga pemain ini menawarkan dimensi permain yang berbeda di klub Merseyside tersebut dibandingkan musim-musim sebelumnya. Liverpool tak terkalahkan di sepanjang pramusim. Dari delapan partai, The Reds menang enam kali dan imbang dua kali. Bila pun ada yang bisa disebut kekalahan, itu terjadi dalam adu penalti dalam final Audi Cup di Allianz Arena. Setelah menang 3-0 kontra Bayern Muenchen, Liverpool menyerah 4-5 lewat adu penalti dari Atletico Madrid. 

Yang jadi masalah, Liverpool kemungkinan tak bisa bermain karena masih memulihkan cedera punggungnya. Namun, sang kapten Jordan Henderson berpeluang tampil setelah sembuh dari serangan virus. Begitu juga dengan Daniel Sturridge yang pulih dari cedera paha. Namun, duel kontra Watford ini masih terlalu cepat buat Adam Lallana yang masih harus menyembuhkan cedera pahanya.

Silva bisa lebih tenang dalam melakoni laga pertama Watford di Premier League 2017/2018. Namun, tak demikian halnya dengan Klopp. Pasalnya, pelatih Jerman ini harus menghemat nafas sejumlah pilarnya untuk melawan Hoffenheim pada leg I playoff Champions League di Jerman, Selasa (15/8). 

Bagaimana pun juga, mengamankan langkah ke fase grup Champions League lebih menjadi prioritas ketimbang mencetak kemenangan pertama di liga domestik. The Reds memang punya rekor apik di Premier League yakni selalu menangi pada laga perdana dalam empat musim terakhir. 

PRAKIRAAN PEMAIN 

WATFORD (4-2-3-1): Gomes; Holebas, Britos, Prodl, Janmaat; Chalobah, Hughes; Cleverley, Capoue, Amrabat; Gray

LIVERPOOL (4-3-3): Mignolet; Alexander-Arnold, Lovren, Matip, Moreno; Can, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah

PREDIKSI

WATFORD 40-60 LIVERPOOL

Klopp sudah pasti belum melupakan kekalahan telak 0-3 dari Watford di Vicarage Road pada Desember 2015. Namun, mimpi buruk tersebut mungkin tak akan terjadi lagi kali ini. Sebab, dibandingkan dua tahun lalu, skuad Klopp saat ini jauh lebih kuat. Lagipula, musim lalu pun, Liverpool sudah menang 1-0 di markas Watford. Bahkan, saat bentrok di Anfield, The Reds menggasak Watford 6-1. 

Yang jadi masalah, justru apakah Klopp melepas partai ini demi memastikan para pemain terbaiknya bugar untuk melawan Hoffenheim di playoff Champions League? Jika ini yang terjadi, Watford punya kesempatan mengimbangi permainan The Reds. Namun, andai Klopp memilih tetap bermain dengan skuad terbaik, The Hornets sepertinya tak punya peluang untuk mengalahkan Liverpool. Malah, kekalahan dengan margin besar pun sangat mungkin terulang. 

Meski mungkin tanpa Coutinho, Klopp sudah punya duet pemain yang sangat solid, cepat, dan tajam, yakni Mo Salah dan Sadio Mane. Silva wajib menginstruksikan pemainnya memblok manuver kedua pemain ini, jika gagal, Watford akan selalu dalam bahaya di sepanjang pertandingan.

(CS/Indra)




Berita Terkait