Cekskor

PRE Premier League: Brighton & Hove Albion vs Man City

Cekskor.com - Manchester City beruntung karena mereka mendapatkan lawan yang mudah pada laga pertama mereka di Premier League 2017/2018. Pasukan Pep Guardiola berhadapan dengan tim promosi, Brighton and Hove Albion, di Stadion Amex, Sabtu (12/8). 

Klub berjuluk The Seagulls ini finis di posisi kedua klasemen EFL Championships 2016/2017. Ironisnya, banyak pihak memperkirakan Brighton hanya akan satu musim di Premier League. Artinya, armada Chris Hughton ini bakal kembali terdegradasi ke EFL Championships musim depan. 

Apa pun, Hughton tetap harus mempersiapkan skuadnya untuk menghadapi The Citizens. Brighton telah mendatangkan banyak pemain baru di bursa transfer musim panas ini. Dan, kebanyak dari mereka langsung menempati posisi sebagai starter. Sebut saja, gelandang Pascal Gross dari FC Ingolstadt 04, bek kiri Markus Suttner dari FC Ingolstadt 04, gelandang Davy Propper dari PSV Eindhoven, dan kiper Matthew Ryan dari Valencia. 

Kendati demikian, sangat masuk akal menyebut Man City bakal mendominasi permainan. Kualitas pemain-pemain milik Guardiola berada di atas Brighton. Apalagi, Guardiola juga mendatangkan banyak pemain macam Bernardo Silva, Ederson, Kyle Walker, Danilo, dan Benjamin Mendy.

Empat pemain yang disebut pertama berpotensi menjadi starter kontra Brighton. Absennya bek kiri Mendy, yang diangkut dari AS Monaco, pun lebih karena sang pemain masih cedera paha. Ini memungkinkan Danilo dan Walker menjadi fullback kiri dan kanan. 

Guardiola sudah pasti tak akan menyia-nyiakan investasi 150 juta poundsterling untuk mendatangkan tiga fullback di musim panas. Begitu mahalnya, belanjaan Man City hanya untuk tiga fullback menjadi bahan candaan sendiri di Brighton. Para penduduk di sana berkelakar bahwa uang sebanyak itu bisa membangun stadion baru sebagai pengganti Amex! 

PRAKIRAAN PEMAIN 

BRIGHTON (4-4-1-1): Ryan; Suttner, Duffy, Dunk, Bruno; March, Gross, Stephens, Skalak; Propper; Murray

MAN CITY (4-1-4-1): Ederson; Walker, Kompany, Stones, Danilo; Fernandinho; B. Silva, Da. Silva, De Bruyne, Sane; Jesus

PREDIKSI 

BRIGHTON 30-70 MAN CITY

Sulit untuk tak menjagokan Man City menang telak atas Brighton and Hove Albion. Selain Ilkay Gundogan dan Mendy yang terkapar, Guardiola punya skuad yang bugar dan berkualitas jauh di atas para pemain milik Hughton. Bahkan, jika boleh, Guardiola bisa menurunkan dua tim berbeda dari babak I dan II dengan kemenangan meyakinkan tetap mereka raih. 

Guardiola bisa memulai dengan pola 4-1-4-1 dengan Fernandinho dan Gabriel Jesus sebagai gelandang bertahan dan penyerang tunggal atau 3-5-2 dengan trio Nicolas Otamendi, Vincent Kompany, dan John Stones plus duet Sergio Aguero dan Jesus di depan.Apa pun, formasi yang dipilih Guardiola, Man City diyakini tetap akan menuai kemenangan besar. 

Dasyatnya daya serang Man City bisa dilihat di pramusim. Dari empat partai yang dilakoni, The Citizens melesakkan 10 gol dan cuma kemasukan tiga gol dengan hasil tiga kemenangan dan satu kekalahan. 

Kendati begitu, Guardiola mungkin melihat partai kontra Brighton ini sebagai momen untuk menit bermain kepada sejumlah pemain anyar dari luar Premier League macam Danilo (Real Madrid), Bernardo Silva (AS Monaco), dan Ederson (Benfica). 

(CS/Indra)




Berita Terkait