Cekskor

PRE Piala Super Italia: Juventus vs Lazio

Cekskor.com - Stadion Olimpico, Roma, bakal jadi saksi Juventus atau Lazio sebagai juara Supercoppa Italiana alias Piala Super Italia 2017, Minggu (13/8) atau Senin (14/8) dinihari WIB. Juventus membidik gelar kedelapan di Piala Super Coppa Italia.

Kali terakhir Juve juara terjadi pada 2015. Sedangkan, Lazio baru tiga kali juara Piala Super Italia. Itu pun yang terakhir sudah terjadi pada 2003. 

Juventus datang sebagai juara Serie A sekaligus Coppa Italia musim lalu. Lazio merupakan runner-up Juventus di Coppa Italia. I Biancocelesti menyerah 0-2 dari I Bianconeri pada final di Stadion Olimpico, 17 Mei. Masuk akal, Piala Super Italia menjadi ajang balas dendam buat awak Simone Inzaghi. Ada empat pemain yang sudah didatangkan Lazio di bursa transfer musim panas ini, yakni Adam Marusic dari Oostende, Lucas Leiva dari Liverpool, Davide De Gennaro dari Cagliari, dan Felipe Caicedo dari Espanyol. 

Namun, mungkin cuma Leiva yang berpeluang bermain sebagai starter pilihan Simeone yang mengusug pakem 3-5-2. Gelandang Brasil, yang diangkut dari Merseyside senilai 5,5 juta euro pada 18 Juli, ini sudah terlibat dalam beberapa laga Lazio di pramusim ini. Inzaghi bisa tenang melihat hasil sangat positif dari para pemainnya di pramusim. 

I Biancocelesti memenangi ketujuh partai yang dilakoni di pramusim. Dahsyatnya 47 gol dilesakkan awak Inzaghi, tapi cuma empat gol yang masuk ke gawang mereka. Tiga kemenangan besar diraih Lazio atas Auronzo 16-0, Top 11 Radio Club 9-1, dan Kufstein 13-1. Keita Balde Diao dan Ciro Immobile jadi pemain tersubur dengan masing-masing mencetak tujuh dan enam gol.

Di Juventus, Massimiliano Allegri punya banyak amunisi baru yang sangat mumpuni, yaitu Rodrigo Bentacur dari Boca Juniors, Douglas Costa dari Bayern Muenchen, Wojciech Szczesny dari Arsenal, Mattia De Sciglio dari AC Milan, dan Federico Bernadeschi dari Fiorentina. So, kepergian Leonardo Bonucci dan Dani Alves sepertinya tak akan dirasakan sebagai kehilangan yang berlebihan terkait level kualitas Juventus secara keseluruhan. 

Yang ironis, pramusim Juvetus tak seapik Lazio. I Bianconeri hanya menang satu kali dari empat partai. Juve bahkan kalah di tiga partai lainnya. Satu-satunya kemenangan diraih klub Turin itu atas Paris Saint-Germain 3-2. 

Juventus mengalahkan Lazio dalam lima benturan terakhir di semua kompetisi. Termasuk tiga pertemuan musim lalu. Selain pada final Coppa Italia, Juve juga menggebuk Lazio di dua partai Serie A, kandang dan tandang.

PRAKIRAAN PEMAIN 

JUVENTUS (4-2-3-1): Buffon; Sandro, Chiellini, Barzagli, Lichtsteiner; Pjanic, Khedira; Mandzukic, Dybala, Costa; Higuain

LAZIO (3-5-2): Strakosha; Wallace, Vrij, Radu; Basta, Parolo, Leiva, Milinkovic-Savic, Lulic; Immobile, Keita

PREDIKSI 

JUVENTUS 55-45 LAZIO

Juventus dijagokan bursa taruhan menjuarai Piala Super Italia. Ini tak lepas kualitas pemain milik Allegri yang berada di atas pasukan Inzaghi. Hasil buruk di pramusim mungkin tak akan terlalu mempengauhi mental para pemain I Bianconeri. Justru ini bisa jadi pelecut bagi para pemain anyar Juve macam Costa dan Bernadeschi. 

Allegri mungkin akan menegerahkan pakem 4-2-3-1 dengan Gonzalo Higuain di lini terdepan. Striker Argentina disokong Costa, Paulo Dybala, dan Mario Mandzukic. Dengan kekuatan nyaris sama seperti musim lalu, Juve tetap menjadi lawan sulit buat Lazio. 

Sejumlah kemenangan Lazio di pramusim tak bisa menjadi jaminan karena kebanyak adalah tim-tim kecil. Efeknya, pasukan Inzaghi kurang teruji dari sisi mental, kualitas, dan kompetitifan. So, Juventus favorit meraih trofi Piala Super Italia kedelepan mereka dan mengalahkan Lazio dengan margin tak kurang dari dua gol. 

(CS/Indra)




Berita Terkait