Cekskor

Lacazette Catat Sejarah di Premier League

Cekskor.com - Olivier Giroud boleh menjadi pahlawan Arsenal saat mengalahkan Leicester City di Emirates Stadium, Jumat (11/8). Striker Prancis ini masuk menggantikan bek Rob Holding di menit 67 dan mencetak gol kemenangan 4-3 The Gunners di menit 85. Namun, performa bomber anyar The Gunners, Alexandre Lacazette, tetap mencuri perhatian. 

Pemain yang diangkut dari Olympique Lyonnais ini mencetak gol pembuka di partai tersebut hanya 94 detik setelah pertandingan dimulai. Lacazette menanduk umpan jitu Mohamed Elneny untuk membuat Arsenal unggul 1-0. Berkat gol tersebut, Lacazette tercatat sebagai pencetak gol tercepat di Premier League.

Lacazette menyejajarkan diri dengan mantan striker Arsenal, Kevin Campbell, yang mencetak gol kontra Manchester City di Highbury pada 1994, dan eks bomber Newcastle United asal Kolombia, Faustino Asprilla, ke gawang Sheffield Wednesday pada 1997/1998. 

Tak cuma itu, Lacazette juga mempertahankan catatan pribadinya, yakni selalu mencetak gol di laga pertama liga dalam beberapa musim terakhir. Tercatat tujuh gol dilesakkan Lacazette dalam lima partai pembuka liga. Dimulai dari kemenangan 4-0 Lyon atas Nice di Ligue 1 pada 2013. 

Berlanjut dengan kemenangan 2-0 atas Rennes di musim berikutnya. Lacazette memang gagal membobol gawang Lorient di awal musim 2015/2016. Namun, di musim selanjutnya atau 2016/2017, striker berusia 26 tahun itu mencetak hattrick ke gawang Nancy. 

Khusus di Aresnal, Lacazette menjadi pemain ketujuh yang membuat gol pada debutnya di Premier League. Campbell dan Steve Bould membuat gol ketika Arsenal racikan George Graham kalah 2-4 dari Norwich City pada 1992/1993. 

Fredy Ljungberg menandai debutnya dengan gol ketiga yang membuat The Gunners menang 3-0 atas Manchester United pada September 1998. Emmanuel Adebayor melakukannya atas Birmingham City pada Februari 2006. 

Samir Nasri dan Thomas Vermaelen melesakkan gol pada debutnya masing-masing melawan West Bromwich Albion pada 2008 dan Everton dan 2009. 

(CS/Indra)




Berita Terkait