Cekskor

Alonso Masih Komitmen di McLaren

Cekskor.com - Fernando Alonso tak juga kunjung kompetitif. Itu sudah terjadi sejak ia meninggalkan Ferrari demi bergabung ke McLaren pada 2015. Awalnya, Alonso berharap reuni Honda dan McLaren akan indah lagi seperti pada akhir 1980an hingga awal 1990an. 

Faktanya, itu tak terjadi. Mesin Honda kerap mengecewakan Alonso. Teraktual, terjadi pada GP Belgia meski belakangan itu dibantah oleh pabrikan Jepang tersebut. Namun, McLaren sudah terlanjut kecewa. Tim Inggris ini bakal mendepak Honda demi mendapatkan pasokan mesin dari pabrikan Prancis, Renault. 

Tujuan McLaren melakukan itu sangat jelas, yakni demi menyenangkan hati Alonso. Pembalap Spanyol ini punya hubungan cukup baik dengan Renault, mesin yang membantunya meraih dua gelar juara dunia pada 2005 dan 2006.

Kontrak Alonso di McLaren hanya berdurasi sampai akhir tahun ini. Alonso belum menegaskan bakal memperpanjang kontraknya, tetapi memastikan komitmennya dengan McLaren tetap tinggi. Ungkapan frustasinya lewat radio di sejumlah balapan, termasuk di GP Belgia, diklaim Alonso tak mempengaruhi komitmennya terhadap proyek McLaren.

"Saya memperlihatkan kepada semua orang dan membuktikan bahwa saya setia dalam segalanya. Saya sudah bertahun-tahun di tim ini dengan situasi-situasi berbeda. Tahun pertama sangat sulit dengan banyak masalah, tahun kedua dengan sebuah progres bagus, saya rasa dan mobil di barisan tengah di kebanyakan balapan," kata Alonso.

"Tahun ini, kami mulai dengan sebuah situasi cukup sulit lagi, tapi sekarang mulai lagi untuk mendapat di mobil-mobil di barisan tengah. Dari hari pertama hingga hari terakhir, saya selalu yakin pada proyek ini dan saya selalu berusaha positif dan optimistis, dekat kepada tim dan tetap bekerja 24 jam per hari.

"Semua orang terkadang bahkan terkejut. Nico Rosberg bilang saya tak bisa melakukan apa yang dilakukan Fernando. Mark Webber terkejut tentang mengapa Fernando tak meledak! Saya selalu tenang dan berusaha bekerja dan yakin pada pekerjaan semua orang.

"Ini bukan karena performa kami tak bagus karena sekelompok orang ingin tampil di bawah performa. Semua orang melakukan 100%, terkadang kami bisa melakukannya, terkadang tidak, dalam jangka pendek dan medium, tapi saya akan berusaha selalu membantu tim."

(CS/Indra) 




Berita Terkait