Cekskor

Hamilton tak Butuh Bantuan Bottas untuk Juara

Cekskor.com - Kemenangan di Monza, Italia, pekan lalu, membuat Lewis Hamilton menggusur Sebastian Vettel dari puncak klasemen pembalap F1 2017. Ini kali pertama Hamilton berada di pucuk klasemen. 

Namun, Hamilton cuma surplus tiga poin dari pembalap Jerman tersebut di posisi kedua. Artinya, sangat mungkin Vettel bakal merebut kembali posisi nomor satu pada GP Singapura, 17 September mendatang. Banyak pihak menyarankan agar Hamilton meminta bantuan Valtteri Bottas, rekan setimnya di Mercedes, untuk menghalangi Vettel. 

Apalagi, meski berada di peringkat ketiga klasemen, Bottas terpaut 31 poin dari Hamilton dengan cuma tujuh balapan tersisa. Praktis peluang pembalap Finlandia ini menjadi juara dunia untuk pertama kalinya sudah tertutup.

Kendati begitu, Hamilton tak sepakat dengan ide tersebut. Juara dunia tiga kali ini merasa harus mempertahankan posisi nomor satunya di klasemen dengan usahanya sendiri. Hamilton punya alasan kuat untuk melakukan itu. 

Mercedes tak memberlakukan kebijakan pembalap pertama dan kedua di tim mereka. So, Hamilton dan Bottas mendapat perlakuan yang setara. Jadi, mustahil meminta Mercedes untuk menginstruksikan Bottas agar membantu Hamilton menjadi juara dunia.

"Secara pribadi, saya belum bicara kepada tim untuk meminta itu (bantuan dari Bottas). Itu sama sekali bukan tugas saya, tugas saya adalah melakukan pekerjaan sebaik mungkin," kata Hamilton seperti dikutip dari Crash.net.

"Itu juga bukan cara yang saya suka. Kita bisa berharap bahwa di suatu tahap tim membuat keputusan mereka sendiri dan saya rasa kami punya orang-orang bagus yang memimpin tim ini - orang-orang seperti Niki (Lauda) dan Toto (Wolff) - yang semoga akan tahu pada poin yang tepat apa yang terbaik buat tim ini.

"Jadi, kalian semestinya bertanya pada Toto. Seperti yang saya bilang, tahun ini saya merasa saya mendapatkan semua dukungan yang saya butuhkan. Ada akhir pekan di mana Valtteri melakukan pekerjaan lebih baik dan sebaliknya.

"Ini baru musim pertamanya dengan tim ini dan ia telah melakukan sebuah pekerjaan luar biasa, jadi ia akan semakin kuat hingga akhir tahun. Target saya adalah terus kuat sekaligus berusaha tetap di depan."

(CS/Indra) 




Berita Terkait