Cekskor

Ini Rahasia Dovi Menjinakkan Desmosedici GP17

Cekskor.com - Sebelum MotoGP 2017 dimulai mungkin tak banyak orang memprediksi bahwa Andrea Dovizioso akan memimpin klasemen di balapan ke-12. Itu setelah dua kemenangan beruntun dicatat penggeber Ducati Desmosedici GP17 itu di Austria dan Inggris. 

Dovi kini memimpin klasemen dan unggul sembilan poin dari Marc Marquez di peringakt kedua dengan cuma enam balapan tersisa. Pembalap satelit Ducati, Danilo Petrucci, mengaku tak heran terhadap performa hebat Dovi.

Ia justru lebih terkesan dengan kemampuan Dovi dari sisi konsistensi saat balapan. Di saat para pembalap lain kesulitan dengan ban belakanga menuju bagian akhir balapan, Dovi justru terlihat semakin kuat.

Menurut Petrucci, Dovi mengatasi buruknya performa ban di akhir balapan dengan memeliharanya dari awal. Dovi punya kesabaran untuk menggunakan gasnya dengan cara yang berbeda dari pembalap lain.

"Saya sedikit terkejut, tapi bukan tentang kecepatannya: lebih pada konsistensi Dovi," jelas Petrucci di Crash.net.

"Tentu, motor Ducati telah sangat meningkat, tapi Dovi lebih kuat daripada sebelumnya, terutama sangat menggunakan motornya. Ia tak terlalu cepat, lebih cepat daripada saya. Namun, ia bisa menggunakan cara yang sama untuk semua jarak jauh dalam balapan.

"Saat ini, bagi saya, itu mustahil, terutama pada bagian kedua balapan. Area traksi bagi saya masih buruk untuk catatan waktu saya. Mengendarai dengan cara ini berarti bahwa saya menggunakan lebih banyak ban. 

"Tentu, saya menggunakan ban lebih banyak daripada Dovi. Kedua hal ini mempengaruhi saya dan juga konsumsi ban pada akhir balapan. Ia tak menggunakan rahasia dalam datanya. Ia hanya sangat lembut pada gas. Ia memahami di mana dan ketika ban selip terlalu sering dan cara ini membut Dovi bisa menghemat ban belakang untuk bagian terakhir balapan dan ia telah mampu lebih cepat daripada saya."

(CS/indra)




Berita Terkait