Cekskor

Barcelona Berhak Pilih Liga Catalunya atau Spanyol

Cekskor.com - Negara Catalunya memang belum berdiri secara sah. Namun, dorongan agar Catalunya segera memisahkan diri dari Pemerintahan Spanyol makin santer digaungkan. 

Tak pelak, ini memunculkan sebuah spekulasi terhadap masa depan Barcelona dan Espanyol. Dua klub ini akan berada di Negara Catalunya bila jadi memisahkan diri dari Spanyol. 

Javier Tebas, selaku Presiden LaLiga, pernah mengancam bahwa Barca dan Espanyol tak akan diizinkan berkompetisi di La Liga andai Catalunya tak lagi berada di bawah kekuasan Spanyol. Tebas bahkan mengajukan usul agar parlemen Spanyol membuat sebuah undang-undang baru yang mencegah kembalinya klub-klub Catalunya berkompetisi di Spanyol. 

Namun, belakangan hal ini dibantah oleh Persatuan Federasi Olahraga Catalunya. Presiden federasi tersebut, Gerard Estreva memastikan Barcelona akan diberikan hak untuk memilih liga yang ingin mereka ikuti: Catalunya atau Spanyol. 

"Bicara secara ekonomi, ada banyak riset yang memperlihatkan bahwa federasi Catalunya bisa mendapatkan hingga 93 juta euro per tahun sebagai sebuah negara merdeka," kata Estreva kepada Marca. 

"Jika Catalunya berpisah dari Spanyol, Barcelona akan memiliki hak memilih liga mana yang mereka ikuti."

(CS/Indra)




Berita Terkait