Cekskor

Kubica Sulit Kembali ke F1

Cekskor.com - Peluang Robert Kubica kembali balapan di F1 menipis. Meski tampil meyakinkan pada mobil F1 bersama Renault, Kubica faktanya belum mendapatkan kontrak dengan tim manapun buat turun di F1 2018. 

Bahkan, menurut kolumnis Motor Sport Magazine, Mark Hughes, tes Kubica dengan Renault hanya rekayasa. Maksudnya, Kubica mengikat kontrak dengan pabrikan Prancis itu untuk jangka pendek semata agar bisa melakukan tes. 

Dengan melakukan tes, Kubica bisa menunjukkan bahwa dirinya belum kehilangan kecepatannya dengan mobil F1. Yang menarik, Renault sendiri tak pernah menyatakan keseriusan mereka untuk mengontrak Kubica. Justru konon Williams dan Sauber yang berminat kepada Kubica.

Namun, ada satu kendala yang bisa menggagalkan ambisinya untuk kembali ke F1, yakni level kebugaran fisiknya selama balapan. 

"Kami tahu Kubica telah dilepaskan dari kontrak jangka pendek yang ia miliki dari Renault sejak melakukan program kembalinya pada Mei," tulis Hughes.

"Performanya pada tes di Hungaroring dengan mobil terbaru Renault, memang bagus, tapi tetap menimbulkan pertanyaan tentang level kebugarannya, terlihat jelas dalam inkonsistensi saat melakukan banyak lap. Kecepatan puncaknya, di sisi lain, dianggap sangat mengesankan.

"Jika Kubica bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada setelah lebih banyak berlatih, ia akan sempurnya untuk Williams."

(CS/Indra)




Berita Terkait