Cekskor

Ecclestone Sangsi Renault Cocok buat McLaren

Cekskor.com - Setelah mengakhiri kerja sama dengan Honda, McLaren mengikat kontrak dengan Renault dengan durasi tiga tahun (2018-2020). Pengumuman resmi kerja sama McLaren-Renault konon bakal dilakukan di GP Singapura pada akhir pekan ini. 

Banyak pihak menilai McLaren membuat keputusan tepat dengan menggandeng Renault. Meski sempat mengalami masa sulit musim lalu, pabrikan mesin asal Prancis ini membuktikan kekompetitifan dan keandalannya sebagai pemasok mesi Red Bull Racing. 

Kerja sama dengan Renault diyakini juga sebagai salah satu cara McLaren untuk mempertahankan Fernando Alonso, setidaknya untuk 2018. Meski demikian, Bernie Ecclestone punya pandangan negatif. Mantan CEO F1 ini kurang sepakat dengan perceraian McLaren dari Honda. Ditambah lagi dengan keputusan McLaren menggunakan mesin Renault. 

"Kesepakatan dengan Renault sudah tuntas. Alonso bertahan adalah berita super," ungkap Ecclestone.

"Namun, saya tak melihat alasan McLaren akan lebih bahagia dengan Renault daripada mereka bersama Honda. 

"Banyak hal tak berfungsi bukanlah kesalahan Honda, justru kesalahan McLaren. Tiap hari mereka berselisih tentang segalanya, daripada bekerja sama dengan Honda, yang mana itu sedikit bodoh."

Apa pun, pengembangan adalah langkah penting buat McLaren. Kesepakatan dengan Renault juga menjadi yang pertama dan berskala besar sejak era Ron Dennis berakhir dan era Zak Brown dimulai.

(CS/Indra)




Berita Terkait