Cekskor

Andai Golovkin Kalah dari Canelo, Sabuk Kelas Menengah WBC Jadi Lowong

Cekskor.com -- Saul Canelo Alvarez masih menaruh dendam kepada badan tinju dunia WBC. Karenanya, ia menolak bertarung atas nama WBC pada duel melawan Gennady Golovkin, 16 September.

Pada pertandingan ini, Golovkin mempertaruhkan gelar WBC, IBF, IBO, dan WBA super. Akan tetapi, Canelo menolak membayar sanction kepada WBC. Karena itu, jika Canelo menang atas Golovkin, ia hanya akan membawa pulang gelar WBA/IBF/IBO. WBC akan melowongkan gelar anda Golovkin kalah.

Menurut aturan main WBC, Golovkin juga harus mempertahankan gelar WBC karena bertarung di kelas menengah. Tom Loeffler, managing director K2 Promotions mengatakan, situasinya akan berbeda jika Golovkin yang kalah.

“Gennady bertarung untuk mempertahankan keempat gelarnya,” kata Loeffler kepada Boxingscene.com. “Namun sangat jelas Canelo tak mau bertarung di bawah WBC. Karena itu, jika ia menang atas Gennady, Canelo tak bisa memenangkan gelar WBC.”

Canelo (49-1-1, 34KO) tak menginginkan gelar WBC karena masih merasa amara setelah WBC memberinya waktu 2,5 pekan menyusul kemenangan KO-nya atas Amir Khan 16 bulan lalu untuk menyelesaikan deal dengan kubu Golovkin (37-0, 33KO). Akibatnya  ia kemudian melowongkan gelar sebelum deadline habis.

Canelo kemudian turun ke kelas 154 pound dan bertarung melawan Liam Smith. Pada duel 17 September 2016 itu, Canelo menang KO ronde 9 dan merebut gelar kelas menengah ringan (welter super) WBO.

Canelo merebut gelar menengah WBC setelah menang atas Miguel Cotto pada bulan November 2015 –duel perebutan gelar lowong—di Mandalay Bay Events Center, Las Vegas. (CS/Reyhansyah)




Berita Terkait