Cekskor

Barcelona Irit Menembak ke Gawang Lawan di UCL

Cekskor.com - Barcelona mencatat kemenangan dari dua matchday Grup D Champions League. Usai menggerus Juventus 3-0 di Nou Camp, Los Blaugrana hanya mampu menang tipis 1-0 atas Sporting Lisbon, Rabu (27/9). 

Jumlah empat gol milik Barca hanya separo dari torehan gol Paris Saint-Germain (PSG) dan Chelsea. Yang menarik, empat tim Inggris terbukti sangat subur. Selain Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan Tottenham Hotspur sudah merangkum lebih dari lima gol. 

Barca memperoleh dua kemenangan tersebut bukan dengan cara memborbardir gawang lawan lewat tembakan-tembakan. Buktinya, berdasarkan statistika di situs UEFA, Lionel Messi cuma melakukan usaha tembakan ke gawang lawan sebanyak 20 kali di kedua matchday Grup D. 

Koleksi Barca ini jauh di bawah Bayern Muenchen, 45 tembakan, dan rival abadi mereka di Spanyol, Real Madrid, 43 tembakan. Dari 32 tim yang terlibat di fase grup Champions League, usaha tembakan ke gawang terminim dilakukan oleh Feyenoord dan Celtic yang sama-sama baru melakukan 15 tembakan. 

Ernesto Valverde sepertinya tengah mencoba mengembalikan Barca ke trah mereka sebagai klub yang mengandalkan permainan pada penguasaan bola. Ini terlihat dengan 62% penguasaan bola yang dilakukan Barca dari kedua matchday fase grup. Namun, angka ini masih 2% di bawah Bayern Muenchen besutan Carlot Ancelotti. 

Barca tercatat melakukan umpan tepat sasaran sebanyak 91%. Ini sama dengan yang dilakukan Manchester City yang dinakhodai oleh Pep Guardiola. 

TOTAL USAHA/TEMBAKAN KE GAWANG LAWAN Bayern Muenchen -- 45 Real Madrid -- 43 Liverpool -- 41 Maribor -- 37 Chelsea -- 36

--------------------------------------------

PENGUASAAN BOLA Bayern Muenchen -- 64% Barcelona -- 62% Benfica -- 60% Man City -- 60% Borussia Dortmund -- 59%

--------------------------------------------

UMPAN TEPAT SASARAN Barcelona -- 91% Man City -- 91% Bayern Muenchen -- 90% Real Madrid -- 89% Juventus -- 89%

--------------------------------------------

GOL Paris Saint-Germain -- 8 Chelsea -- 8 Man United -- 7 Man City -- 6 Tottenham -- 6

(CS/Indra)




Berita Terkait