Cekskor

Iannone Salah Pilih Mesin buat Suzuki

Cekskor.com - Suzuki mencatat kemenangan pertama di MotoGP sejak 2007 ketika Maverick Vinales finis di pertama di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 2016. Namun, di sepanjang 2017, kedua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Andrea Iannone, mengalami banyak kesulitan. 

Iannone dan Rins masing-masing berada di peringakt ke-16 dan 20. Iannone yang direkrut dari Ducati untuk menggantikan Vinales, mengalami masa sulit dengan mesin GSX-RR. Ia cuma mencetak dua finis terbaik musim ini, yakni di Austin dan Assen. 

Salah satu kelemahan Suzuki tahun ini adalah mesinya, terutama karakter dan cara bereaksinya. 

Tahun lalu, Vinales dan rekan setimnya, Aleix Espargaro, sadar bahwa mereka bisa memasuki tikungan dengan agresif, tapi kekurangan akselerasi dan kecepatan puncak ketika keluar tikungan.

Sebagai kompensasi dari masalah ini, Suzuki telah membangun sebuah mesin baru yang tak diuji di trek hingga tes di Jerez pada khir November, beberapa hari setelah musim 2016 berakhir di Valencia. 

Rins tak ambil bagian dari tes tersebut karena cedera. Efeknya, hanya Iannone yang bertanggung jawab terhadap keputusan memlih mesin untuk dipakai pada 2017. 

Di Jerez, Iannone mengetes dua mesin yang ada: satu dengan basis 2016, dan yang lain dengan sebuah setelan baru, dan memutuskan bahwa yang kedua jelas lebih baik.

Suzuki kemudian melakukan homologasi terhadap spesifikasi mesin kedua untuk musim 2017. Namun, hasil-hasil buruk telah membuat tim ini berpikir bahwa feedback awal Iannone tentang mesin sepertinya tak akurat. 

Teori ini sepertinya benar setelah kedua pembalap menjajal sebuah mesin yang sangat mirip dengan mesin 2016 setelah balapan pada Agustus lalu., dan berakhir senang dengan keunggulan dan performanya.

(CS/Indra)




Berita Terkait