Cekskor

Tak Ada Team Order buat Vinales & Rossi

Cekskor.com - Dilihat dari posisi dan peluang juara dunia di antara dua pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales lebih unggul daripada Valentino Rossi. 

Vinales ada di peringkat ketiga klasemen dengan koleski 196 poin. Mantan pentolan Suzuki ini terpaut 28 angka dari Marc Marquez yang memuncaki klasemen dengan cuma empat balapan tersisa di MotoGP 2017.

Rossi berada di anak tangga kelima dengan torehan 168 poin. Secara matematis, dengan total 100 poin yang masih mungkin didulang, Il Dottore masih mungkin menyalip Marquez. 

Namun, dengan konsisten Marquez sejauh ini, sepertinya sulit buat Rossi meraih gelar ke-10 di GP Motor. Kontan, muncul spekulasi bahwa Movistar Yamaha bakal menerapkan team order di mana Rossi akan diposisikan untuk membantu Vinales menuju tangga juara dunia. 

Meski demikian, bos Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, langsung membantah hal tersebut. 

"Kami tak pernah melakukan itu dulu dan kami tak mempertimbangkan hal itu sekarang," ungkap Meregalli.

Vinales pasti berharap balapan di tiga balapan beruntun, MotoGP Jepang (15 Oktober), Australia (22 Oktober), dan Malaysia (29 Oktober), berlangsung dalam kondisi kering. Pasalnya, performa Vinales dalam kondisi basah sangat buruk.

Selain di Misano, Vinales telah mengalami kesulitan dengan setelan elektronik dan menemukan daya lekat mumpuni di trek basah. Apesnya, Sirkuit Motegi dan Phillip Island berpotensi diguyur hujan di beberapa bagian saat balapan. Di Sepang, hampir dipastikan akan sangat panas seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Kendati demikian, Meregalli yakin Motegi tak akan jadi tempat terakhir Vinales berusaha meraih gelar juara karena pembalap Spanyol ini menjadi tercepat pada tes di Australia dan Malaysia pada awal musim ini. 

Mirisnya, di kala Yamaha sepertinya tersendat dari sisi pengembangan, Ducati dan Honda justru meningkan level kekompetitifan mereka. Spesifikasi frame 2018 bahkan tak memberikan bantuan signifikan kepada Rossi dan Vinales. 

(CS/Indra)

 




Berita Terkait