Kontroversi Cara Eksekusi Penalti Ronaldo
15-Februari-2018
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) --FOTO: REUTERS/Stringer.
CHAMPIONS LEAGUE
Cristiano Ronaldo diduga melakukan dua kali sentuhan saat mengeksekusi penalti ke gawang Paris Saint-Germain (PSG).

Cekskor.com - Gol penalti Cristiano Ronaldo ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) pada leg I babak 16 besar Champions League di Santiago Bernabeu, Rabu (14/2) atau Kamis (15/2) dinihari WIB, berpotensi dibatalkan. Pasalnya, pemain terbaik dunia lima kali itu diduga melakukan dua kali sentuhan atau double-touch sebelum membuat golnya. 

Bola terlihat sedikit bergerak ke atas sebelum dihantam kaki kanan Ronaldo. Diduga Ronaldo menggunakan sedikit dorongan dengan kaki kirinya ke tanah berumput yang membuat bola sedikit melambung sebelum ditendang kaki kanannya. 

SUMBER: BT Sport 2

Pundit BT Sport, Rio Ferdinand mengklaim Ronaldo melakukan itu tanpa sengaja. Namun, mantan bek Inggris itu mengakui Ronaldo mempelajari teknik aneh tersebut saat masih di Manchester United. 

"Ia biasa melakukan itu di latihan. Ia terbiasa mengacaukan segalanya dan melakukan itu, tapi melakukannya di sebuah pertandingan sesungguhnya, saya tak bilang ia sengaja melakukannya, tapi ia terbiasa melakukan itu. Saya bersumpah pada kalian, gila, tapi ia terbiasa melakukannya," kata Ferdinand seperti dikutip dari DailyMail. 

Paul Clement, yang menjadi tandem Ferdinand di BT Sport, sepakat dengan Ferdinand.

"Diperlukan seorang pemain bagus untuk melakukan itu! Mengangkat bola untuk kita sendiri dan melakukan tendangan voli. Mustahil kita bisa melihat itu. Ini sebuah penalti sempurna. Alphonse Areola bergerak ke arah yang tepat dan ia tak jauh dari bola. Kecepatan dan akurasinya, sangat sulit menjangkaunya," kata Clement.

SUMBER: BT Sport 2

Namun, mantan wasit Inggris, Graham Poll, menilai gol penalti Ronaldo tak sah karena bola bergerak sebelum sang pemain mengeksekusinya. 

"Tayang ulang televisi memperlihatkan bahwa bola bergerak tepat sebelum Cristiano Ronaldo mencetak gol penyeimbang itu (1-1). Kita tak bisa menyalahkan para wasit karena luput melihatnya, karena ini hampir mustahil melihatnya di real time," kata Poll.

"Namun, berkat tayang ulang gerak lambat, kita bisa melihat bola bergerak ke atas saat Ronaldo menempatkan kaki kirinya, sebelum menghantamnya dengan kaki kanannya. Bola harus diam ketika sebuah penalti dilakukan, andai wasit melihat itu, eksekusi pastinya harus diulang."

Apa pun, Ronaldo kini telah merangkum 21 gol 12 partai Champions League. Ia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di tujuh partai Champions League beruntun dari dalam satu musim. 

Madrid dan PSG akan bentrok pada leg II di Parc des Princes dengan Los Blancos bermodal keunggulan agregat 3-1 pada 6 Maret. 

(CS/Indra)

KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Gagal ke Perempat Final Liga Champions, PSG Kehilangan 13 Juta Euro
08-Maret-2018
Tottenham Tersingkir, Son Menangis di Lapangan
08-Maret-2018
Ronaldo Selalu Menjulang di Momen-Momen Krusial
08-Maret-2018
Tersingkir dari Liga Champions, PSG Jadi Bulan-Bulanan Media Prancis
08-Maret-2018
Ronaldo Penguasa Liga Champions
08-Maret-2018
Bek Tottenham Sulit Terima Kenyataan Kandas di UCL
08-Maret-2018
Firmino Tantang Tim Inggris di Perempat Final UCL
08-Maret-2018
Chiellini Sebut Pengalaman Menangkan Juve di Wembley
08-Maret-2018
Guardiola Kesal Man City Main Buruk Lawan Basel
08-Maret-2018
Pochettino Bangga Meski Tottenham Dieliminasi Juventus
08-Maret-2018
Loading...
REKOMENDASI
PSG Tetap Bikin Neymar Bangga
07-Maret-2018
Setelah Porto, Liverpool Kini Konsentrasi ke Manchester
07-Maret-2018
PRE Europa League: Lazio vs Dinamo Kiev
07-Maret-2018