Ducati Bakal Pangkas Gaji Lorenzo
15-Februari-2018
Jorge Lorenzo (Ducati Team) --FOTO: Ducati Team.
MOTO GP
Jorge Lorenzo bakal dipaksa menerima pengurangan jumlah gajinya jika kontraknya di Ducati ingin diperpanjang hingga 2019.

Cekskor.com - Kontrak Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso di tim pabrikan Ducati akan kadaluarsa pada akhir tahun ini. Kedua pembalap sudah mendapat jaminan bahwa untuk kontrak baru mereka. 

Namun, pihak Ducati mengakui ada perlakukan khusus untuk Lorenzo. Pembalap Spanyol ini akan dipaksa untuk menerima pemangkasan jumlah gajinya jika ia ingin bertahan di Ducati pada 2019. Sebaliknya, Ducati justru akan menaikkan gaji Dovizioso. 

Situasi ini terjadi sejak penandatanganan kontrak oleh kedua pembalap dua tahun lalu. Dovi menerima gaji pokok sekitar 2 juta euro per tahun, angka ini disepakati sebelum pembalap Italia tersebut memenangi sebuah balapan dengan Ducati -- tapi tahun lalu ia bukan cuma mampu menang di satu balapan, bahkan sampai tujuh kali dan bersaing keras dengan Marc Marquez di pacuan juara. 

Di sisi lain, Lorenzo direkrut Ducati dari Yamaha dengan kesepakatan mencapai 12 juta euro per tahun. Ironisnya, Lorenzo gagal mencatat satu kemenangan pun untuk Ducati tahun lalu. Lorenzo juga butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan Ducati daripada dugaan semula. Ducati mustahil bisa memenuhi tuntutan gaji Lorenzo setinggi itu. 

"Niat kami adalah terus bekerja sama dengan kedua pembalap, tapi batasan ekonomi kami sudah jelas," kata direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti seperti disitir dari Motorsport.com.

"Kami akan bicara dengan para sponsor kami karena Telecom Italia memutuskan meninggalkan kami dan ketika kami mendapatkan sebuah ide seberapa besar uang yang bisa kami sediakan, akan lebih mudah bicara dengan para manajer dari para pembalap.

"Yang jelas adalah situasinya sangat berbeda daripada 2016. Ketika kami mengontrak Jorge, ia punya sebuah tawaran yang sangat penting dari Yamaha untuk dua tahun lagi dan saat itu ia adalah juara dunia.

"Ketika kami memperbarui kontrak Andrea, di pertengahan 2016, ia tak pernah menang bersama Ducati. Kami akan memberinya hadiah atas apa yang dilakukannya pada 2017. Seorang pembalap seperti Andrea, dengan sebuah kontrak yang akan habis pada akhir tahun ini, berada dalam posisi negosiasi yang kuat daripada sebelumnya.

"CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan itu pada peluncuran tim. Ducati membuat sebuah usaha untuk menarik perhatian Lorenzo, tapi itu adalah sebuah momen spesifik. Saya rasa kami tak akan memberikan Jorge jumlah gaji yang sama seperti ketika ia datang ke tim ini."

(CS/Indra)

KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Suzuki Butuh Tim Satelit di 2019
08-Maret-2018
Vinales tak Siap Hadapi MotoGP 2018
07-Maret-2018
Rossi tak Akan Punya Tim MotoGP sebelum Pensiun
02-Maret-2018
Marquez Tambah 2 Tahun di Honda
27-Februari-2018
Pembalap Malaysia Resmi Dikontrak Yamaha Tech3
22-Februari-2018
Lorenzo tak Panik Meski di Posisi ke-22
19-Februari-2018
Tes MotoGP Thailand: Pedrosa Jadi Tercepat di Penutupan
18-Februari-2018
Rossi Khawatir di Ultah ke-39
17-Februari-2018
Ducati Bakal Pangkas Gaji Lorenzo
15-Februari-2018
MotoGP Pangkas Jumlah Lap demi TV
13-Februari-2018
Loading...
REKOMENDASI
PSG Tetap Bikin Neymar Bangga
07-Maret-2018
Setelah Porto, Liverpool Kini Konsentrasi ke Manchester
07-Maret-2018
PRE Europa League: Lazio vs Dinamo Kiev
07-Maret-2018